RESEP MUJAIR GORENG BUMBU KUNING

RESEP MUJAIR GORENG BUMBU KUNING

Tak berbeda dengan ikan nila, daging ikan mujair goreng yang gurih dimasak bumbu kuning juga dapat menjadi menu makan enak yang cita rasanya tak kalah dengan ikan mas maupun aneka jenis ikan air tawar lainnya.

Bumbu kuning berasal dari pemakain kunyit atau kunir, tanaman rempah ini menjadi salah satu ciri dalam bumbu masakan nusantara. Selain memberikan cita rasa pada masakan, juga diyakini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

RESEP MUJAIR BUMBU KUNING

1 kg ikan mujair
1 buah jeruk nipis dan secukupnya garam untuk lumuran
2 cm lengkuas, iris tipis
2 cm jahe, iris tipis
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, geprek
1 batang daun bawang, potong-potong 3 cm
1 sdm garam
1 sdm gula merah
100 ml air
minyak untuk menggoreng ikan dan menumis bumbu
Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
4 butir kemiri
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
CARA MEMBUAT MUJAIR BUMBU KUNING
Bersihkan sisik ikan, keluarkan kotoran bagian dalam dan insangnya kemudian kerat-kerat badannya serta dicuci bersih. Lumurkan dengan air jeruk nipis dan garam selama 30 menit, selanjutnya goreng ikan hingga matang, angkat dan tiriskan dari minyak.
Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, jahe, daun jeruk dan daun bawang. Setelah harum, masukkan air, garam dan gula merah, lalu aduk-aduk hingga mendidih.
Masukkan ikan goreng serta aduk rata, masak sampai matang dan bumbu meresap. Angkat dan letakkan dalam piring saji, mujair goreng bumbu kuning sudah siap untuk dihidangkan.

RECENT POSTS