Nutrisi Dalam Buah Semangka

manfaat buah semangka

Pengertian Buah Semangka

Siapa yang belum makan buah seperti itu? Semangka sudah tidak asing lagi bagi semua orang Indonesia. Bahkan karena mengandung 92% air, buah ini kerap dijadikan makanan manis di acara-acara resmi seperti pernikahan dan kumpul-kumpul lainnya.

Semangka disebut sebagai buah yang manis dan menginspirasi. Itu sebabnya pecinta semangka tidak hanya mengurangi jumlah panas yang dirasakan tubuh saat musim kemarau, tetapi juga membutuhkannya. Tapi itu memuaskan dahaga

Tapi semangka tidak berhenti sampai di situ. Semangka kaya akan nutrisi seperti antioksidan, vitamin A, B6, C, likopen dan asam amino, serta semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mereka yang ingin menurunkan berat badan biasanya lebih memilih semangka dengan kandungan natrium dan lemak yang rendah.

Mengetahui hal ini, sangat memalukan untuk mengabaikan manfaat kesehatan dari buah-buahan ini. Dalam melakukannya, perhatikan manfaat kesehatan semangka.

Manfaat buah semangka

manfaat buah semangka

Dukung kelenjar prostat untuk melindungi kesehatan pria

Likopen merupakan salah satu bahan utama semangka. Bahan ini meningkatkan kesehatan prostat pria. Ini karena likopen memiliki efek antioksidan yang sangat baik.

Temuan ini didukung oleh sebuah studi oleh University of Chicago. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi likopen sebelum operasi prostat memiliki tingkat kerusakan yang lebih rendah pada jaringan prostat. Karena itu, mengonsumsi semangka dan mengonsumsi likopen secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jaringan prostat.

Lawan asma dengan memenuhi kebutuhan vitamin C Anda

Asma merupakan penyakit pernafasan yang membuat orang sulit bernafas. Orang dengan kondisi ini memiliki tingkat vitamin C. Kadar vitamin C yang rendah dapat menyebabkan asma.

Nah, dengan adanya vitamin ini, penderita asma bisa mengurangi risiko kambuh. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C memiliki sifat anti oksidan dan anti inflamasi. Kemudian tubuh mendapat manfaat lebih banyak.

Campuran ini bisa dibuahi

Menjaga kesehatan dan konsumsi ibu hamil sangatlah penting. Ini karena makan dan makan dengan benar berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi sendiri agar ibu hamil bisa sehat dan memiliki anak kelak.

Semangka mengandung asam folat dalam jumlah besar. Senyawa ini mendukung kelahiran rahim saat ibu hamil sedang hamil. Senyawa ini juga dapat mencegah kelahiran anak dengan gangguan fisik dan saraf.

Mengubah semangka menjadi minuman buah akan membantu Anda memanfaatkan semangka secara maksimal. Pemisahan benih meningkatkan kesehatan semangka. Ini memudahkan tubuh Anda menyerap nutrisi dari buah-buahan.

Menjaga tubuh Anda tetap lembab

Pemberian jus semangka dalam jumlah banyak melindungi tubuh dari dehidrasi. Ketika level air mencapai 92%, semangka dapat mengisi kembali antara 20% dan 30% cairan tubuh. Sifat ini alami dan banyak digunakan dalam makanan untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, peran buah semangka dalam mengatasi suhu tubuh tidak terbatas pada kandungan airnya yang tinggi. Tetapi karena jumlah elektrolit dalam buah, jumlah elektrolit ini adalah alasan mengapa tubuh Anda segera terisi kembali saat Anda makan semangka.

Meningkatkan produksi dan kualitas sperma pria

Diketahui bahwa semangka yang kaya akan folat dan vitamin B12 memiliki peran efektif dalam produksi materi genetik di dalam tubuh. Perubahan genetik meliputi peningkatan kualitas sperma atau jumlah sperma yang tidak normal, peningkatan jumlah sperma, dan peningkatan mobilitas. Jadi minum semangka mengurangi risiko disfungsi seksual pria.

Fitur ini tentunya akan menjadi pilihan lain bagi pasangan dengan anak-anak. Konsumsi buah ini secara teratur meningkatkan produksi dan kualitas sperma serta meningkatkan kemungkinan pembuahan sel telur.

Membantu mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung, salah satu penyakit paling mematikan di dunia, masih menjadi infeksi yang umum di masyarakat. Tentu saja ancaman penyakit tersebut karena kombinasi gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan. Oleh karena itu, bijaklah untuk mencari cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of High Blood Pressure, mengonsumsi ekstrak semangka dapat mencegah masalah tekanan darah tinggi, dan mengonsumsi buah dari orang gemuk dapat menormalkan tekanan darah. Likopen dalam semangka mencegah kerusakan sel tubuh.

Pada wanita lanjut usia dengan penyakit pembuluh darah parah, minum semangka selama 6 minggu dapat meredakan bagian jantung ini. Ini mengurangi risiko penyakit jantung.

Hindari nyeri otot

Bagi yang belum tahu, beberapa atlet minum jus semangka sehari sebelum latihan. Tujuannya untuk mengimunisasi tubuh atlet dari nyeri otot dan menjaga ritme jantung. Selain itu, asam amino arginine dan citrulline meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan lebih banyak energi saat berolahraga.

Dapat mencegah kanker

Konsumsi semangka dalam waktu lama tidak hanya menjaga kelembapan tubuh, tapi juga membantu mengurangi risiko kanker. Kandungan aktif likopen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, semangka, seperti buah dan sayuran lain yang bersifat antioksidan, dapat melawan radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh.

Dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut

Tubuh membutuhkan banyak air setiap hari. Untuk itulah, selain banyak minum semangka, sebaiknya banyak makan air putih.

Selain itu, water restorasi juga dapat melembabkan kulit dan menjaga kesehatan rambut. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan ini secara teratur dapat dengan mudah mengatasi masalah kulit kusam dan kering.

Menggunakan semangka sebagai bahan masker wajah akan memberi Anda manfaat ini. Untuk alasan ini, menambahkan semangka ke dalam resep masker tidak berbahaya dan memiliki efek positif pada kulit dan rambut Anda.

Lindungi mata Anda dari peradangan

Sedangkan untuk likopen, senyawa tersebut berkhasiat tinggi untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan likopennya melindungi mata dari efek peradangan dan oksidasi.

Semangka memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah penurunan terkait usia. Sebab, efek ini bisa menurunkan risiko penyakit mata pada lansia.