Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

  • Jangka waktu dana-dana dan surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar uang adalah jangka pendek yaitu kurang dari satu tahun. Sementara jangka waktu untuk jual beli dana-dana, obligasi, saham dan surat berharga lain pada pasar modal adalah jangka waktu yang lama, yaitu lebih dari satu tahun.
  • Pasar modal memiliki tempat yang sangat luas. Di indonesia kini terdapat dua pasar modal yaitu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Sedangkan untuk pasar uang tidak memiliki transaksi khusus dan transaksi yang ada dilakukan dengan menggunakan alat komunikasi.
  • Otoritas tertinggi pasar uang adalah BI. Sedangkan otoritas tertinggi untuk pasar modal adalah Departemen Keuangan.
  • Tempat terjadinya pasar modal ini di Bursa Efek. Sedangkan di pasar uang terjadi di antara bank.
  • Resiko setiap pasar uang dan pasar modal ini memiliki resiko masing-masing. Pasar uang memiliki resiko rendah dan dengan return yang rendah, sedangkan untuk pasar modal memiliki resiko tinggi dengan return yang tinggi.
  1. Pasar Valuta Asing
  2. Pengertian Pasar Valuta Asing

Valuta Asing yang biasa disingkat Valas atau dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai forex (Foreign Exchange), yang berarti pertukaran uang dari nilai mata uang yang berbeda. Valuta asing merupakan suatu mekanisme di mana orang dapat mentransfer daya beli antarnegara, memperoleh atau menyediakan kredit untuk transaksi perdagangan internasioanal, dan meminimalkan kemungkina resiko kerugian (exposure of risk) akibat terjadinya fluktuasi kurs suatu mata uang. Pasar Valuta Asing menyediakan pasar sarana fisik maupun dalam pasar kelembagaan untuk melakukan perdagangan mata uang asing, menentukan nilai tukar mata uang asing, dan menerapkan managemen mata uang asing.

  1. Fungsi Pasar Valuta Asing

Beberapa fungsi pasar valuta asing dalam membantu lalu-lintas pembayaran internasional yaitu:

  • Transfer Daya Beli (Transfer of purcahsing power).

Sangat diperlukan terutama dalam perdagangan internasioanal dan transaksi modal yang biasanya melibatkan pihak-pihak yang tinggal di negara yang memiliki mata uang yang berbeda

  • Penyediaan Kredit

Pengiriman barang antarnegara dalam perdagangan internasional membutuhkan waktu, oleh karena itu haru ada suatu cara untuk membiayai barang-barang dalam perjalanan pengiriman tersebut termasuk setelah barang sampai ke tempat tujuan yang basanya memerlukan beberapa waktu untuk membiayai barang-barang dalam perjalanan pengiriman tersebut termasuk setelah barang sampai ke tujuan yang biasanya memerlukan beberapa waktu untuk kemudian dijual kepada pembeli.

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/