Makna pancasila sebagai dasar negara

Makna pancasila sebagai dasar negara

Makna pancasila sebagai dasar negaraMakna pancasila sebagai dasar negara

Pengertian pancasila sebagai dasar negara diperoleh dari alenia ke-4 pembukaan UUD 1945, dan sebagaimana tertuang dalam Momerandum DPR-GR 9 Juni 1966 yang menandaskan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang telah dimurnikan dan di padatkan oleh PPKI atas nama rakyat Indonesia menjadi dasar negara republik indonesia. Memorandum DPR-GR disahkan pula oleh MPRS dengan ketetapan NO.XX/MPRS/1966 yang menegaskan kedududkan pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib di Indonesia.

Pancasila merupakan intelligent choice karena mengatasi keanekaragaman dalam masyarakat di indonesia dengan tetap toleran terhadap adanya perbedaan. Penetapan pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan (indifferentism), tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan empiris indonesia yang dinyatakan dengan seloka “bhineka tunggal ika”

Penetapan pancasila sebagai dasar negara itu memberikan pengertian bahwa negara indonesia adalah negara pancasila. Hal itu mempunya arti harus tunduk kepadanya, membela dan melaksanakan dalam seluruh perundang-undangan. mengenai hal itu, pandangan itu melukiskan pancasila secara integral (utuh dan meyeluruh) sehingga merupakan penopang yang kokoh terhadap negara yang didirikan di atasnya, dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi dan mengembangkan martabat dan hak-hak asasi semua warga bangsa indonesia. Perlindungan dan pengembangan martabat kemanusiaan itu merupakan kewajiba negara, yakni dengan memandang manusia qua talis, manusia adalah manusia sesuai dengan principium identatis-nya

Pancasila tepat sebagai dasar negara

Bangsa Indonesia sejak tanggal 18 Agustus 1945 telah menetapkan Pancasila sebagai “Weltan-schauung,” atau dasar negara bagi negara-bangsanya. Hal ini terbukti bahwa sejak saat itu sila-sila yang terkandung dalam Pancasila selalu tercantum dalam Pembukaan atau Mukadimah UUD yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Sementara itu Pancasila juga tepat sebagai dasar negara NKRI dengan alasan sebagai berikut:

  1. Pancasila digali dari adat dan budaya bangsa Indonesia, menjadi common denominator atau de grootste gemene deeler dan de kleinste gemene veelvoud dari adat dan budaya bangsa Indonesia. Prinsip dan nilai Pancasila telah diterapkan dalam kehidupan keseharian tanpa disadarinya.
  2. Pancasila memiliki potensi menampung kondisi dan sifat pluralistik bangsa. Bagi bangsa Indonesia yang demikian majemuk hanya Pancasila yang mampu mengikat unsur-unsur bangsa menjadi Negara Kesatuan.
  3. Pancasila menjamin kebebasan warga-negara untuk beribadah menurut agama dan keya-kinannya.
  4. potensi menjamin keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  5. Pancasila memberikan landasan bagi bangsa Indonesia dalam mengantisipasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  6. Pancasila memberikan jaminan terseleng-garanya demokrasi dan hak asasi manusia sesuai dengan adat dan budaya bangsa;
  7. Pancasila menjamin terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera.

Baca juga: