Komponen-komponen yang ada pada kepala silinder

Komponen-komponen yang ada pada kepala silinder

  1. Busi berfungsi untuk meletikan bunga api
  2. Noken as ( cam shaft ) berfungsi sebagai menggerakkan rocker arem yang selanjutnya menggerakkan klep, noken di gerakkan berdasarkan putaran rantai kamrat
  3. Sepatu klep ( rocker arm ) berfungsi sebagai meneruskan gerakkan dari noken as untuk menggerakkan klep
  4. Rantai kamrat berfungsi sebagai menghubungkan putaran dari poros engkol menuju kepala silinder untuk menggerakkan kelengkapan klep.
  5. Klep ( valve ), klep di bedakan menjadi dua yaitu klep in/isap berfungsi sebagai mengatur atau membuka tutup campuran udara yang masuk ke dalam ruang bakar klep ex/buang adalah berfungsi sebagai membuka tuutp saluran buang dari sisa-sisa pembakaran.
  6. Seal klep berfungsi untuk menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar.
  7. Topi dan Kuku Pengunci Klep berfungsi untuk menahan per klep agar tidak lepas dan dapat bekerja dengan baik.
  8. Per klep setelah klep terbuka akibat tekanan dari pelatuk klep, per klep akan mengembalikannya ke posisi semula sehingga menutup.
  9. Bos Klep berfungsi sebagai jalur bergeraknya batang klep. Bila bos klep telah aus/longgar di bagian knalpot akan timbul asap putih tipis dan perbaikannya harus diganti dan pemasangannya di tukang bubut.
  1. Oversize / Perubahan Ukuran Silinder

Perubahan ukuran silinder (Oversize / korter) terdiri dari 4 tahap yaitu:

  • 0,25 berarti : over size 0,25mm, yaitu silinder mengalami perubahan untuk pertama kalinya.
  • 0,50 berarti : over size 0,50mm, yaitu silinder mengalami perubahan untuk kedua kalinya.
  • 0,75 berarti : over size 0,75mm, yaitu silinder mengalami perubahan untuk ketiga kalinya.
  • 0,100 berarti : over size 0,100mm, yaitu silinder mengalami perubahan unkuran untuk keempat kalinya atau terakhir kalinya.

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/dell-emc-gelar-ajang-teknologi-def-2017/