Keluhan dan Gejala Kanker Payudara

Keluhan dan Gejala Kanker Payudara

Keluhan dan Gejala Kanker Payudara

Keluhan dan Gejala Kanker Payudara

Di dalam payudara wanita, 15 sampai 20 bagian yang disebut lobus. Setiap lobus terdiri dari bagian yang lebih kecil disebut lobulus. Lobulus memiliki kelompok kelenjar kecil yang bisa memproduksi susu. Setelah bayi lahir, payudara wanita mengeluarkan susu dari lobulus melalui tabung tipis yang disebut saluran ke puting. Lemak dan jaringan berserat mengisi ruang antara lobulus dan saluran. Payudara juga mengandung pembuluh getah bening. Kelompok kelenjar getah bening yang dekat dengan payudara terletak di ketiak dalam (ketiak), di atas tulang, dan di dada di belakang tulang dada.ListeRead phonetically

Kanker berawal dari sel, meluas ke jaringan. Jaringan membentuk payudara dan bagian lainnya. Sel-sel normal tumbuh dan membelah membentuk sel-sel baru sesuai kebutuhan tubuh. Ketika sel normal menjadi tua atau rusak, kemudian mati, dan sel-sel baru menggantikan tempat mereka.

Kadang-kadang, proses ini berjalan salah. Sel baru terbentuk ketika tubuh tidak membutuhkannya, dan tua atau sel yang rusak tidak mati seperti seharusnya. Penumpukan sel-sel ekstra sering membentuk suatu massa dari jaringan yang disebut benjolan, pertumbuhan, atau tumor.

Tumor pada payudara bisa jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Tumor jinak yang tidak berbahaya sebagai tumor ganas.

Tumor jinak:

1.Jarang menjadi ancaman

2.Dapat dihilangkan dan biasanya tidak tumbuh kembali

3.Tidak menyerang jaringan di sekitar mereka

4.Tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh

Tumor ganas:

1.Dapat menjadi ancaman

2.Sering dapat dihilangkan tetapi kadang-kadang tumbuh kembali

3.Dapat menyerang dan merusak organ terdekat dan jaringan

4.Dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh

Sel-sel kanker payudara dapat menyebar dengan melepaskan diri dari tumor asli. Kemudian memasuki pembuluh darah atau pembuluh getah bening, yang bercabang ke seluruh jaringan dari tubuh. Sel-sel kanker dapat ditemukan pada kelenjar getah bening dekat payudara. Sel-sel kanker dapat melampirkan untuk lainnya jaringan dan tumbuh untuk membentuk tumor baru yang dapat merusak jaringan tersebutListen.Read phoneticallyListe

Pada tahap awal kanker payudara biasanya tidak muncul adanya tanda-tanda atau gejala. Tetapi ketika tumor semakin membesar, dapat terjadi perubahan yang terlihat atau dirasakan pada payudara. Gejala- gejala yang muncul antara lain :

1.Benjolan keras pada payudara / daerah sekitar payudara atau ketiak.

2.Perubahan ukuran atau bentuk payudara.

3.Kerutan pada payudara.

4.Puting masuk ke dalam payudara.

5.Keluarnya cairan dari puting payudara, umunya berupa darah.

6.Besisik, merah, atau bengkak pada payudara, putting, atau areola. Terjadi perubahan warna atau rasa kulit payudara, terlihat seperti kulit jeruk.(NCI, 2009)

Ada beberapa jenis kanker payudara, antara lain:

1.Ductal karsinoma in situ (DCIS)

Ductal karsinoma in situ (DCIS) juga dikenal sebagai karsinoma intraductal adalah jenis kanker payudara non-invasif yang paling umum. DCIS berarti bahwa sel-sel kanker berada di dalam saluran tetapi belum menyebar melalui dinding saluran ke dalam payudara di jaringan sekitarnya.

2.Lobular karsinoma in situ

Merupakan lobular neoplasia yang diklasifikasikan sebagai jenis kanker payudara non-invasif. Kanker ini dimulai dalam kelenjar susu tetapi tidak tumbuh melalui dinding lobulus. Kebanyakan spesialis kanker payudara berpikir bahwa LCIS sendiri tidak menjadi kanker invasif, tetapi wanita dengan kondisi ini memiliki resiko yang lebih tinggi dapat menjadi invasif.

3.Invasif (atau infiltratif) karsinoma duktal

Merupakan jenis kanker payudara yang paling umum. Invasif (atau infiltratif) karsinoma duktal (IDC) dimulai dari sebuah bagian saluran susu dari payudara, menerobos dinding saluran, dan tumbuh ke dalam jaringan lemak payudara. Pada titik ini, mungkin dapat menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh melalui sistem limfatik dan aliran darah. Sekitar 8 dari 10 kanker payudara invasif adalah infiltratif karsinoma duktal.

4.Invasif (atau infiltrating) lobular carcinoma

Karsinoma invasif lobular (ILC) mulai di kelenjar susu (lobulus). Seperti IDC, dapat menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh. Sekitar 1 dari 10 payudara invasif kanker adalah ILC. Lobular carcinoma invasif lebih sulit untuk dideteksi oleh mammogram dari karsinoma duktal invasif.

Stadium dalam kanker payudara:

1.Stadium 1

Tumor terbatras pada payudara,bebas dari jaringan sekitarnya,tidak ada fiksasi/infiltrasi ke kulit dan jaringan dibawahnya(otot). Besar tumor 1-2cm.Kelenjar getah bening regional belim teraba.

2.Stadium 2

Sesuai dengam stadium 1 , hanya besar tumor 2,5-5cm dan sudah ada satu beberapa kelenjar bening aksila yang masih bebas dengfan diameter < 2cm. 3.Stadium IIIA Tumor sudah meluas dalam payudara (5-10cm) tapi masih bebas disekitarnya, KGB aksila masih bebas satu sama lain. 4.Stadium IIIB Tumor sudah kedalam payudara (5-10cm) fiksasi pada kulit atau dinding dada dan ada oedema (>1/3 permukaan kulit payudara), ulserasi dan atau nodul satelit, kelenjar getah bening aksila melekat satu sama lain atau terhadap jaringan disekitarnya. Diameternya > 2,5cm , belum ada metastasis jauh.

5.Stadium IV

Tumor seperti pada yang lain, tetapi sudah disertai dengan KGB aksila supra-klavikula dan metastasis jauh lainnya.


Sumber: https://penirumherbal.co.id/