Siapakah Pelanggan Eksternal

 Siapakah Pelanggan Eksternal

Untuk mengenali pelanggan, alangkah sebaiknya mengantisipasi ada dua pengertian pelanggan: yaitu pelanggan eksternal dan pelanggan internal.  Istilah pelanggan ekstenal yang dimaksudkan dari sisi perusahaan adalah yang terkena dampak  kegiatan  perusahaan,  sedangkan pelanggan internal dari sisi perusahaan adalah bagian dari perusahaan yang terkena dampak kegiatan perusahaan.

Kegagalan mengenali pelanggan eksternal atau bukan (pelanggan eksternal potensial) dapat mengakibatkan timbul masalah-masalah besar atau memperbesar masalah-masalah  kecil.

Pelanggan Eksternal Siapa Ya?.  Pelanggan Eksternal adalah: 1. Orang atau organisasi yang bukan merupakan bagian dari perusahaan, tetapi terkena dampak kegiatan perusahaan.  2. Mereka yang terkena dampak produk, tetapi bukan anggota perusahaan yang menghasilkan produk tersebut. 3. Mencakup para pembeli produk, instansi pemerintah dan masyarakat (yang bukan terkena dampak produk yang tak aman atau kerusakan lingkungan). 4. Pihak yang membeli atau memanfaatkan (konsumsi) berbagai produk barang/jasa dari suatu perusahaan atau industri 5. Pelanggan perantara (Intermediete customer).

Pelanggan antara (Intermediete customer) Sebagai Pelanggan

Siapa Pelanggan Antara itu? Pelanggan Antara adalah mereka yang bertindak sebagai perantara, bukan sebagai pemakai akhir produk itu. Distributor yang mendistribusi-kan produk dan agen-agen perjalanan yang memesankan kamar hotel untuk pemakai akhir.  Jadi Pelanggan perantara berdasarkan definisi diatas, jelas bahwa Pelanggan Antara termasuk pada Pelanggan Eksternal.    Tentang Pelanggan Internal dan Eksternal berhubungan dengan  SADAR dan KESADARAN MUTU  https://lizenhs.wordpress.com/2020/05/17/sadar-dan-kesadaran-mutu/#more-4642

3.2. Pemasok Sebagai Pelanggan

Telah umum diketahui bahwa para pemasok membutuhkan umpan-balik dari para pelanggannya.  Dalam hampir semua kejadian, umpan balik ternyata hanya terbatas pada ketidakpuasan penerima.  Misal:  keluhan, tuntutan, pengembalian dan lain-lain.  Sangat sedikit perhatian diberikan pada umpan-balik dalam bentuk pengalaman dan bantuan dalam merencanakan produk.

Contoh: Dua perusahaan pembuat mobil membeli produk dari pemasok tempat duduk mobil yang sama.  Perusahaan pertama menganggap pemasok brengsek: mutu produk jelek dan pengiriman terlambat, sedangkan perusahaan kedua beranggapan bahwa mutu produk sangat bagus.  Kedua perusahaan telah memberikan kepada pemasok: kontrak perjanjian; jadwal pengiriman, spesifikasi pesanan dan gambar dari pesanan.  Perusahaan kedua tidak hanya memberikan itu saja, tapi juga memberikan kepada pemasok informasi tentang bagaimana merakit produk yang dipesan, bagaimana penggunaan produk itu, lingkungan dalam penggunaan dan masalah-masalah yang mungkin dijumpai.  Ini berarti bahwa perusahaan kedua telah memasukkan konsep “Pemasok sebagai pelanggan eksternal”.

3.3. Siapakah Pelanggan Internal?

Sebagian besar produk dan proses diadakan untuk melayani pelanggan internal.  Hubungan internal dalam perusahaan cenderung bersifat tak resmi, sehingga menyebabkan kekaburan tentang siapa pelanggan internal (bagi perusahaan) dan dampak apa yang mereka alami.  Masalah paling berat adalah dalam “proses makro”, karena proses ini cakupannya  bersifat multifungsi.  Dengan demikian proses makro cenderung menimbulkan konflik dengan batas-batas yurisdiksi dari bagian bagian fungsional perusahaan.  Pengenalan terhadap siapa yang terkena dampak sebagian besar dapat dilakukan dengan “mengikuti produk” biasanya menggunakan beberapa tim multifungsi, dibantu dengan diagram arus.  Apakah itu yurisdiksi.

yurisdiksi/yu·ris·dik·si/ n Huk. 1 kekuasaan mengadili; lingkup kuasa kehakiman; peradilan;       2 lingkungan hak dan kewajiban, serta tanggung jawab dalam suatu wilayah atau lingkungan kerja tertentu; kekuasaan hukum.

Meskipun demikian sejumlah pelanggan internal akan tetap luput dari pandangan sampai adanya kejadian yang menyebabkan mereka tampil kepermukaan.

Jelaslah sekarang bahwa perbaikan proses perencanaan mutu akan lebih berhasil jika dilengkapi dengan pengenalan secara lebih seksama terhadap siapa pelanggan internal ketimbang hanya mengenali pelanggan eksternal saja.

Siapa pelanggan Intenal itu? Pelanggan internal adalah: Bagian dari perusahaan yang terkena dampak kegiatan perusahaan.  Jadi Pelanggan internal adalah mereka yang terkena dampak dari kegiatan perusahaan dan juga anggota perusahaan (mereka) yang menghasilkan produk.  Mereka ini sering disebut sebagai pelanggan tetapi bukan pembeli.

https://bingkis.co.id/gold-rush-apk/