Pertemuan dan musyawarah

 Pertemuan dan musyawarah

Pertemuan dan musyawarah dapat diselenggarakan secara intern, misalnya kepala sekolah dengan guru, kepala sekolah dengan pegawai tata usaha, atau kepala sekolah dengan peserta didik. Namun pertemuan dan musyawarah dapat bersifat ekstern dan mengikutsertakan pihak luar, seperti pemuka masyarakat, organisasi sosial, dan orang tua peserta didik, yang bersangku paut dengan sekolah.

Acara yang dilaksanakan, misalnya pertemuan dalam rangka penerimaan peserta didik baru dan pembangunan gedung sekolah. Sehingga dalam pertemuan dan musyawarah, semua yang hadir bersama-sama menyelesaikan masalah agar segala sesuatu yang menghambat proses belajar mengajar dapat segera diatasi. Selain itu dalam kegiatan tersebut, suatu kesepakatan harus diperoleh sehingga sekolah dapat segera melaksanakan semua keputusan yang telah disepakat bersama.


  1. Kunjungan ke rumah (home visit)

Kunjungan ke rumah lazimnya dilakukan oleh guru dengan berkunjung ke rumah orang tua peserta didik (wali), misalnya untuk mengetahui seluk beluk peserta didik. Apakah anak tergolong pemalas, sering bolos, atau untuk mengetahui hal-hal lainnya ? Apakah anak kurang perhatian dari orang tua ataukah pengaruh lingkungan lain? Untuk mengetahui hal itu, maka guru, wali kelas, atau kepala sekolah dapat mengetahui dari orang tua peserta didik agar orang tua turut membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi peserta didik. Hal-hal seperti itu dapat ditempuh dengan cara home visit.

  1. Pawai atau karnaval

Sekolah dapat melaksanakan kegiatan pawai atau karnaval. Karnaval adalah sekelompok orang yang diatur sedemikian rupa sehingga tampak serasi. Sebagai contoh berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Widiarti, Lita, dan Murib (2017:82), bahwa di SMP Negeri 3 Malang dalam melakukan komunikasi dengan orangtua dan masyarakat yaitu menggunakan beberapa teknik diantaranya: (1) pemberian kesempatan kepada orangtua siswa; (2) melibatkan alumni; (3) open house; (4) pameran seni; dan (5) kunjungan ke rumah peserta didik.

sumber :

DEAD TARGET 2 v1.2.168 Apk + Mod + Data for android