Menghitung NPV dari Investasi Ekuitas

Menghitung NPV dari Investasi Ekuitas

Menghitung NPV dari Investasi Ekuitas

Menghitung NPV dari Investasi Ekuitas

Kedua metode di atas mengabaikan pelunasan utang karena biaya utang telah tercakup dalam tingkat pengembalian yang diinginkan. Apabila perusahaan induk LG Electronics membiayai sebagian proyek asing di Indonesia, maka kedua metode tersebut kurang efektif, karena tidak mengukur bagaimana pelunasan mata uang asing akan mempengaruhi arus kas. Beberapa pelunasan MNC di negara asing dapat mengurangi eksposur atas risiko kurs, yang memengaruhi arus kas yang nantinya diterima induk perusahaan. Untuk secara eksplisit memperhitungkan dampak kurs, LG Electronics dapat menilai proyek dengan mengukur NPV atas investasi ekuitas proyek. Seluruh pelunasan utang akan dipertimbangkan jika menggunakan metode ini, sehingga analis secara penuh memperhitungkan dampak perubahan kurs. Lalu, NPV dari seluruh arus kas yang diterima oleh induk perusahaan dapat dibandingkan dengan investasi awal anak perusahaan dalam proyek. LG Electronics dapat menggunakan analisis yang sama untuk berbagai alternative pembiayaan untuk menentukan proyek yang menghasilkan NPV yang paling menguntungkan.

  1. Hubungan antara NPV dengan Struktur Modal

NPV proyek asing tergantung dari struktur modal proyek karena dua hal. Pertama, struktur modal dapat memengaruhi biaya modal. Kedua, struktur modal memengaruhi jumlah arus kas yang didistribusi ke kreditur di negara setempat sebelum dikenakan pajak dan pengiriman kembali dana kepada induk perusahaan.

  1. Kompensasi Pembiayaan pada Negara Berkembang

Beberapa negara berkembang umumnya memiliki beban bunga utang yang tinggi, tetapi mata uang lokalnya cenderung melemah terhadap dolar. Oleh karena itu, LG Electronics harus mentoleransi pembiayaan utang lokal dengan biaya tinggi atau meminjam dalam Won tetapi terkena risiko kurs yang tinggi. Kompensasi ini dapat dinilai dengan baik dengan mengestimasi NPV dari investasi ekuitas LG Electronics berdasarkan tiap alternative pembiayaan.

  1. Membandingkan Komposisi Utang Alternatif

Pada contoh ini, penekanannya adalah apakah utang harus berasal dari Rupiah atau Won. Analisis ini juga dapat mempertimbangkan struktur jatuh tempo utang yang berbeda dan dapat mempertimbangkan pinjaman dengan suku bunga mengambang yang disesuaikan dengan suku bunga pasar dengan membuat satu atau lebih scenario mengenai bagaimana suku bunga pasar akan berubah di masa depan. Intinya adalah bahwa seluruh pembiayaan bunga dan pokok pinjaman harus diperhitungkan bersama dengan arus kas lainnya. Lalu NPV arus kas dapat dibandingkan dengan investasi awal untuk menentukan apakah investasi ekuitas tersebut menguntungkan.

sumber :

https://swatproject.org/slugterra-apk/