Memanfaatkan waktu luang

Memanfaatkan waktu luang

Anda memiliki waktu luang? maka manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya, karena waktu luang itu sangat berharga. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk memanfaatkan waktu luang Anda. Yang penting, jangan melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Anda bisa memilih kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan untuk mengisi waktu luang Anda. Kegiatan tersebut dapat di lihat dari berdasarkan fungsinya. contoh pemanfaatan waktu luang sebagai berikut :

1.       Memikirkan Tujuan Anda. Ambillah waktu 10 menit untuk memikirkan tujuan-tujuan Anda. Jikalau Anda tidak memiliki daftar tujuan, mulailah untuk membuatnya.

2.       Tuliskanlah daftar langkah penyelesaiannya untuk beberapa minggu berikutnya untuk menjadikan tujuan-tujuan Anda menjadi kenyataan. Langkah penyelesaian apakah yang akan Anda lakukan hari ini? Semakin Anda memfokuskan diri kepada tujuan-tujuan Anda, semakin semuanya akan menjadi kenyataan.

3.       Mencari ide-ide. Salah satu hal favorit saya yang lainnya bila saya hanya memiliki 5 menit – saya akan mengeluarkan notebook saku saya dan mulai membuat daftar ide bagi sebuah proyek atau artikel. Apa pun yang nantinya bisa muncul dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi Anda.

4.       Membersihkan meja. Anda bisa mengisi waktu luang dengan membersihkan meja belajar Anda. Hal ini mungkin hanya memakan waktu 10 menit dari waktu luang Anda. Meja yang rapi akan membuat Anda semangat untuk bekerja.

5.       Berolah raga. Tidak pernah memiliki waktu berolah raga? 10 menit cukup untuk melakukan push up. Lakukan 2-3 kali sehari, dan Anda akan merasa jauh lebih fit dan semangat.

6.       Berjalan-jalan. Ada salah satu bentuk berolah raga yang tidak butuh waktu lama, tetapi dapat dilakukan di mana saja, bahkan lebih penting lagi hal ini adalah cara yang baik untuk meregangkan kaki Anda dari duduk di belakang meja terlalu lama dan membuat aliran darah lancar. Bila Anda sedang kehabisan ide, berjalan-jalan adalah cara yang baik untuk melancarkannya.

7.       Follow up. Simpanlah sebuah daftar follow-up bagi segala sesuatu yang sedang Anda tunggu. Jawaban telepon, email, memo – apapun yang orang lain janjikan atau berhutang kepada Anda, taruhlah dalam daftar. Ketika Anda memiliki waktu senggang 10 menit, lakukan follow up melalui telepon dan email.

8.       Meditasi. Meditasi singkat selama 5-10 menit (atau tidur sebentar) dapat amat menyegarkan pikiran Anda.

9.       Penelitian. Bila saya memiliki hanya beberapa menit saja, saya akan melakukan penelitian dengan cepat dan membuat beberapa catatan. Lakukan hal ini beberapa kali, dan saya selesai melakukannya!

10.   Outline. Sama dengan melakukan brainstorming, tetapi hal ini lebih formal. Saya senang membuat outline dari sebuah artikel, laporan atau proyek yang rumit, dan hal ini menolong mempercepat semuanya bila sudah mulai menuliskannya. Dan membuat outline hanya butuh beberapa menit saja.

11.   Lakukan persiapan. Membuat outline adalah salah satu cara untuk mempersiapkan suatu pekerjaan yang lebih lama, tetapi ada lebih banyak cara untuk melakukan persiapan bagi tugas berikutnya di dalam daftar Anda. Anda bisa saja tidak memiliki waktu untuk benar-benar menyiapkan tugas Anda sekarang juga, tetapi sekembali dari meeting atau makan siang, sebaiknya Anda sudah melakukan persiapan dan siap melangkah.

https://multiply.co.id/infinity-alive-apk/