Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai beberapa persamaan dan perbedaan, yaitu sebagai berikut:

  • Persamaan dari ISD dan IPS antara lain:

– ISD dan IPS merupakan bahan studi untuk program pembelajaran

– ISD dan IPS mempunyai materi yang sama, yakni materi yang terdiri dari masalah dan    kenyataan sosial

  • Perbedaan ISD dan IPS antara lain:

– Ilmu sosial dasar diberikan pengajar di tingkat universitas atau perguruan tinggi. Sedangkan Ilmu pengetahuan sosial umumnya diberikan untuk tingkat sekolah seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA)

– Ilmu Sosial Dasar lebih diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial lebih diarahkan ke dalam pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan Ilmu Sosial Dasar merupakan pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, yang bertujuan untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan  masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.