Company profile (profil lembaga pendidikan)

Company profile (profil lembaga pendidikan)

                   Merupakan suatu buku yang memberi informasi tentang profil dari suatu lembaga pendidikan tersebut.Daftar isi dari company profile, adalah: (1) pendahuluan; (2) kata pengantar atau sambutan dari kepala sekolah; (3) historis dan struktur organisasi lembaga pendidikan; (4) produk barang atau jasa yang ditampilkan; (5) kinerja manajemen pendidikan; (6) nilai aset yang dimiliki lembaga prospek dan tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan saat sekarang dan di masa yang akan datang; dan (9) daftar kantor cabang, alamat, atau telepon.

  1. Special event (kegiatan khusus dalam humas)

                   Sekolah bisa menyelenggarakan kegiatan khusus (special events) yang menyangkut kehumasan yang merupakan kiat menarik perhatian dari media pers dan publik terhadap sekolah yang ingin ditampilkan melalui aktivitas kegiatan khusus itu sendiri. Tujuan diselenggarakannya special event adalah: (1) bisa memberikan kepuasan pada pihak lain yang terlibat dalam acara khusus tersebut; (2) meningkatkan pengetahuan dan pengenalan; (3) upaya pemenuhan kebutuhan selera dan menarik simpati masyarakat; (4) mampu menumbuhkan saling pengertian kedua belah pihak; dan (5) menciptakan citra posistif atau yang baik kepada masyarakat sebagai target sasarannya.

                   Berdasarkan beberapa tujuan diselenggarakannya special event, dapat disimpulkan special event merupakan program kerja dan pelaksanaan kegiatan humas dalam memberikan informasi secara langsung yangdikemas dalam bentuk media humas, baik untuk mewakili sekolah maupun tentang pengenalan dan pengetahuan tentang sekolah atau mengenai pelayanan yang dapat diberikan kepada pihak masyarakat sebagai khalayak sasaran. Fungsi special event Ruslan dalam Nasution dalam Benty dan Gunawan (2015:97) adalah: (1) memberikan informasi secara langsung (bertatap muka) dan mendapatkan hubungan timbal balik yang positif dengan publiknya melalui program kerja atau cara-cara yang sengaja dirancang dan dikaitkan dengan peristiwa khusus dalam kegiatan dan program kerja kehumasan; dan (2) sebagai media komunikasi dan sekaligus untuk mendapatkan publikasi, yang akhirnya media massa atau publik sebagai target sasarannya akan memperoleh pengenalan, pengetahuan pengertian yang mendalam dan diharapkan menimbulkan citra positif terhadap lembaga yang diwakilinya.

                   Bentuk kegiatan special event misalnya acara festival music siswa yang diselenggarakan bekerja sama dengan stasiun televisi, pameran yang dilaksanakan saat memeriahkan hari ulang tahun sekolah, open house dengan sekolah mengundang masyarakat dan/atau sekolah lain untuk mengunjungi lembaga pendidikan yang bersangkutan.

sumber :
https://www.slimmingcapsule.co.id/modern-combat-apk/