Cara Menentukan Tujuan Pendidikan

Cara Menentukan Tujuan Pendidikan

Cara Menentukan Tujuan PendidikanCara Menentukan Tujuan Pendidikan

Menurut para ahli pendidikan seperti John S. Brubacher bahwa menetapkan tujuan pendidikan dapat ditempuh dengan tiga cara atau pendekatan yaitu:

  1. A Historical Analysis of social institutions approach

Atau pendekatan melalui analisa histori lembaga-lembaga sosial adalah suatu pendekatan yang berorientasi kepada realita yang sudah ada dan yang telah tumbuh sepanjang sejarah bangsa itu.

  1. A Socialogical analysis of current life approach

Yaitu pendekatan yang berdasarkan pada analisa tentang kehidupam yang aktual, dengan pendekatan ini dapat dilukiskan kenyataan kehidupan melalui analisa deskriptif tentang seluruh kehidupan masyarakat baik aktivitas anak-anak, oramg dewasa dan motivasi mereka terhadap aktivitas  tersebut.

  1. Normative philosophy approach

Yaitu pendekatan melalui nilai-nilai filsafat normative seperti filsafat Negara dan moral.

          Jadi dalam menentukan tujuan pendidikan maka filsafat dan pandangan hidup merupakan dasar utama. Dari pandangan hidup dan filsafat hidup itulah kemudian Negara menentukan cita-cita kehidupan dan kehidupan ideologi dari Negara itu biasanya disebut dengan filsafat Negara.

Kriteria Kualifikasi Tujuan Pendidikan

Menurut Dewey ada tiga kriteria buat tujuan pendidikan yang baik, yaitu[4] :

1)      Tujuan yang sudah ada haruslah menciptakan perkembangan yang lebih baik dari pada kondisi yang suadah ada sebelumnya.

2)      Suatu tujuan itu haruslah fleksibel dan dapat diubah-ubah yang disesuaikan menurut keadaan.

3)       Tujuan itu harus menunjukkan kebebasan kegiatan.

Tujuan berarti penerimaan tanggung jawab untuk observasi, perkiraan dan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu fungsi pendidikan.Pikiran John Dewey tentang tujuan pendidikan dikemukakan bahwa pendidikan itu pada dasarnya tidak mempunyai tujuan, hanya saja orang-orangnya, para orang tua dan guru-guru lainnya yang mana merekalah sebenarnya yang mempunyai tujuan dan bukanlah ide yang abstrak seperti pendidikan. Atau dengan kata lain bahwa karakteristik tujuan pendidikan yang baik itu antara lain:

1)      Suatu tujuan pendidikan harus ditegakkan aktivitas dan keperluan yang sebenarnya dari orang-orang tertentu yang harus dididik.

2)      Suatu tujuan haruslah dapat diterjemahkan menjadi suatu metode kerjasama dengan kegiatan-kegiatan anak yang sedang mengalami pengajaran.

3)      Dan para pendidik haruslah berhati-hati terhadap tujuan yang nenurut perkiraan bersifat umum.

Baca juga: