Tampilan Nanokristal

Tampilan Nanokristal

Tampilan Nanokristal

Tampilan Nanokristal
Tampilan Nanokristal

Tampilan nanokristal adalah jenis tampilan yang memiliki teknologi serupa seperti teknologi tampilan OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang biasa kita temukan di smartphone terbaru seperti Samsung Galaxy, dan sebagainya.
Perbedaan dengan tampilan OLED
Perbedaan antara tampilan nanokristal dengan tampilan OLED adalah jenis bahan pembuatnya. Seperti kepanjangan namanya, tampilan OLED menggunakan bahan organik yang sensitif terhadap kelembaban dan proses oksidasi sehingga tidak tahan lama. Sebaliknya, tampilan nanokristal menggunakan bahan anorganik, sehingga menghasilkan tampilan yang lebih tahan lama daripada tampilan OLED, dengan kualitas tampilan yang serupa.
Perbedaan dengan tampilan LCD
Tampilan nanokristal menggunakan 30 – 50% lebih sedikit listrik dibanding tampilan LCD (jenis teknologi di kebanyakan alat elektronik) karena tampilan nanokristal tidak membutuhkan backlight. Paduan antara tampilan nanokristal dengan LED 50 – 100 kali lebih terang daripada tampilan LCD ataupun TV tabung.
Proses pembuatan tampilan nanokristal
Ada 2 cara pembuatan tampilan nanokristal, yaitu:
Phase separation

Contact Printing

Kesimpulan
Dengan banyaknya keunggulan yang dimilikinya, tampilan nanokristal diharapkan bisa menjadi pengganti teknologi tampilan OLED, LED, maupun LCD. Tampilan nanokristal ini juga diprediksi sebagai teknologi masa depan.

Sumber : https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/seva-mobil-bekas/