STRUKTUR ORGANISASI MAHKAMAH KONSTITUSI DI INDONESIA

STRUKTUR ORGANISASI MAHKAMAH KONSTITUSI DI INDONESIA

STRUKTUR ORGANISASI MAHKAMAH KONSTITUSI DI INDONESIA

STRUKTUR ORGANISASI MAHKAMAH KONSTITUSI DI INDONESIA

1. KETUA MAHKAMAH KONSTITUSI

Ketua Mahkamah Konstitusi dipilih dari Hakim Konstitusi untuk masa jabatan tiga tahun. Masa jabatan itu diatur dalam UU nomor 24 tahun 2003. Saat ini ketua MK di Indonesia bernama Anwar Usman. Ia terpilih sebagai ketua MK periode 2018-2020 melalui pemungutan suara oleh sembilan hakim konstitusi, pada Senin (2/4/2018).

Anwar Usman menggantikan Arief Hidayat yang telah mengakhiri masa jabatannya sebagai hakim konstitusi periode 2013-2018. Sebelumnya Arief Hidayat sendiri sudah dua kali terpilih sebagai ketua MK, yakni pada 2015 dan 2017 lalu. Oleh sebab itu Arief tidak bisa maju lagi dalam pencalonan ketua MK karena tidak memiliki hak untuk dipilih kembali.

2. HAKIM

Jabatan hakim konstitusi berjumlah sembilan orang dan merupakan pejabat negara yang ditetapkan oleh presiden. Hakim konstitusi diajukan masing-masing tiga orang oleh Mahkamah Agung, tigaorang oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan tiga orang oleh Presiden. Masa jabatan Hakim Konstitusi adalah lima tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Sembilan orang hakim konstitusi yang saat ini sedang menjabat, antara lain: Anwar Usman (Ketua), Aswanto (Wakil), I Dewa Gede Palguna , Arief Hidayat , Wahiduddin Adams, Suhartoyo, Manahan M.P. Sitompul, Saldi Isra, dan Enny Nurbaningsih.

3. SEKRETARIAT JENDERAL

Tugas sekretariatjenderal Mahkamah Konstitusi adalah melaksanakan dukungan administrasi umum kepada para hakim konstitusi. Sekretarus Jenderal dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal. Sekjen Mahkamah Konstitusi yang menjabat saat ini nernama M.Guntur Hamzah.

4. KEPANITERAAN

Tugas pokok kepaniteraan Mahkamah Konstitusi adalah memberikan dukungan d bidang administrasi justisial. Kepaniteraan menjadi supporting unit hakim konstitusi dalam penanganan perkara di MK. Susunan organisasi kepaniteraan MK terdiri dari sjumlah jabatan fungsional panitera. Panitera yang menjabat saat ini bernama Kasianur Sidauruk.


Sumber: https://www.tokoislam.co.id/twd-zombie-evolution-apk/