SIDANG PPKI

SIDANG PPKI

SIDANG PPKI

SIDANG PPKI

Selama berdiri, PPKI tercatat telah melakukan sidang sebanyak 4 kali. Sidang pertama PPKI ternyata hanya berselang 1 hari setelah kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945. Masing-masing sidang menghasilkan keputusan yang berbeda, antara lain:

1. SIDANG PPKI I

Sehari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya atas desakan kaum muda, maka PPKI kemudian menyelenggarakan sidang yang pertama demi melengkapi segala aspek yang dibutuhkan Indonesia agar bisa berdiri sebagai negara yang berdaulat.

Pada sidang pertama PPKI ini, diambil keputusan-keputusan sebagai berikut:

a. Mengesahkan UUD 1945 yang sebelumnya telah disusun oleh panitia kecil bentukan BPUPKI.
b. Memilih presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yaitu Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta.
c. Menetapkan pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai badan musyawarah darurat. KNIP ini merupakan cikal bakal terbentuknya DPR dan MPR di kemudian hari.

2. SIDANG PPKI II

Pada tanggal 19 Agustus 1945 PPKI kemudian kembali mengadakan sidang yang kedua. Pada sidang kedua ini dihasilkan kesepakatan sebagai berikut:

1. Pembagian daerah provinsi di Indonesia sebagai berikut:
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Jawa Timur
d. Sumatra
e. Borneo
f. Sulawesi
g. Maluku
h. Sunda Kecil
2. Untuk sementara waktu, kedudukan kooti dan sebagainya diteruskan seperti sekarang (saat itu).
3. Untuk sementara waktu kedudukan kota dan geemente diteruskan seperti sekarang (saat itu).
4. Dibentuk kementerian atau departemen berumlah 12 departemen.

3. SIDANG PPKI III

Pada tanggal 20 Agustus PPKI kembali mengadakan sidang ketiganya. Hasil kesepakatan dalam sidang ketiga ini mengesahkan terbentuknya badan keamanan negara Indonesia yang disebut BKR (Badan Keamanan Rakyat). BKR merupakan cikal bakal terbentuknya ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).

4. SIDANG PPKI IV

Sidang keempat PPKI dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 1945. Pada sidangnya yang keempat ini, PPKI berhasil membahas dan menetapkan peraturan tentang Komite Nasional Partai Nasional Indonesia. Partai ini berkedudukan di Jakarta yang merupakan ibukota negara Indonesia.


Sumber: https://www.tokomodemku.co.id/weather-timeline-apk/