PENYEBAB TERJADINYA REVOLUSI PERANCIS

PENYEBAB TERJADINYA REVOLUSI PERANCIS

PENYEBAB TERJADINYA REVOLUSI PERANCIS

PENYEBAB TERJADINYA REVOLUSI PERANCIS

Perekonomian Perancis yang semakin memburuk hingga menyebabkan rakyat menderita, namun di sisi lain keluarga Kerajaan juga melakukan pemborosan dan dianggap menjadi penyebab kuat timbulnya kebencian rakyat pada kerajaan. Dalam ilmu sejarah terdapat hukum hubungan sebab akibat (kausalitas) yang menerus dan berhubungan antara peristiwa yang satu dengan peristiwa lainnya. Dalam revolusi Perancis ini terdapat hal-hal yang memicu meletusnya pergerakan rakyat, yaitu:

  • Voltaire (1694-1778) yang merupakan seorang pejuang gerakan humanisme Perancis melahirkan pemikiran-pemikiran masyarakat mengenai kebebasan dan demokrasi. Voltaire banyak memperjuangkan agar kaum hugenot atau kaum protestan Perancis memiliki hak kebebasan beragam. Voltaire banyak menentang dogma agama dan juga memprotes pemuka-pemuka agama di gereja yang munafik karena menindas rakyat perancis.
  • Montesquieu (1689-1755) mencetuskan sistem ketatanegaraan yang baru yaitu Trias Politica dalam buku tulisannya yang berjudul “L’Espirit des Lois” yang berarti “Jiwa Hukum”. Montesquieu mencetuskan adanya sistem pemerintahan dengan pemisahan dan pembagian kekuasaan lembaga kenegaraan yaitu lembaga legislatif yang berwenang membuat kebijakan, lembaga eksekutif yang berwenang melaksanakan kebijakan dan lembaga yudikatif yang berwenang mengawasi pelaksanaan kebijakan.
  • Jean Jasques Rousseau (1712-1778) mencetuskan sistem pemerintahan demokrasi dimana rakyat memegang kekuasaan tertinggi lewat tulisannya yang berjudul “Dua Contract Social” pada tahun 1762. Teori sistem demokrasi ini kemudian digunakan oleh masyarakat Perancis dalam menjalankan pemerintahan dan menggantikan teori yang dianut sebelumnya, yaitu Teori Kedaulatan Tuhan.

Menurut Lord Acton kekuasaan akan cenderung menyebabkan terjadinya korupsi, sedangkan kekuasaan yang tanpa batas sudah pasti akan terjadi korupsi. Korupsi inilah yang marak di pemerintah kerajaan Perancis menjelang terjadinya revolusi. Pemerintah kerajaan secara sewenang-wenang membebani pajak tinggi terhadap rakyat jelata dan malah tidak membebani pajak pada kaum elit. Selain itu pemerintah kerajaan juga membungkam hak-hak politik dan pemikiran-pemikiran kebebasan rakyat.

Selain dari dalam negaranya sendiri, revolusi Perancis juga dipengaruhi oleh revolusi di Amerika. Setelah revolusi, Amerika berubah menjadi negara dengan sistem pemerintahan demokrasi yang sesuai dengan pemikiran filsuf-filsuf yang justru berasal dari Perancis seperti Montesquieu dan Voltaire. Jendral Lafayette yang sebelumnya menjadi pemimpin pasukan Perancis pada perang Revolusi Amerika kemudian pulang ke Perancis dan menyebarkan pemikiran-pemikiran tentang adanya perubahan sistem pemerintahan Perancis yang absolut monarki menjadi demokrasi karena dianggap jauh lebih baik dan berpihak pada rakyat.


Baca Juga :