Otak Komputer

Otak Komputer

Otak Komputer

Otak Komputer
Otak Komputer

Otak komputer adalah jenis komputer yang dikembangkan semirip mungkin dengan otak. Sejauh ini, teknologi ini masih jauh dari sempurna, tapi perkembangan terus dilakukan.

Bagian-bagian otak komputer
Otak komputer terdiri dari 2 komponen yang terinspirasi dari 2 bagian otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri. Komputer tradisional yang anda gunakan untuk membaca artikel ini, dan yang saya gunakan untuk menulis artikel ini, mirip dengan otak kiri manusia — melakukan perhitungan cepat dengan memanfaatkan simbol dan angka.
teknologi masa depan – bagian otak komputer
Bagian dari otak komputer

Di sisi lain, komputer jenis baru yang sedang dalam perkembangan bernama “neurosynaptic chip” yang mirip dengan otak kanan — memanfaatkan indera, mencari dan memahami pola, bahkan proses kreatif.

Perbandingan otak manusia dengan komputer
Untuk menyamai kerja otak yang mempunyai sekitar 100 triliun sinapsis, dibutuhkan 96 superkomputer. Bahkan, 96 superkomputer ini masih 1500 kali lebih lambat dari otak. Sebagai perbandingan lain, 96 superkomputer membutuhkan daya sebesar 12 gigawatt, sementara otak hanya membutuhkan 20 watt saja.

Perkembangan otak komputer
IBM telah mengembangkan teknologi otak komputer sejak 6 tahun lalu bersama iniLabs. Sejauh ini, mereka telah mengembangkan jenis neurosynaptic chip yang mereka namakan sebagai “TrueNorth”. TrueNorth adalah chip dengan 4096 core (sebagai perbandingan, Intel Core i7 yang biasa ada di laptop itu hanya mengandung 4 core). Dengan 4096 core dan 5,4 triliun transistor, TrueNorth menggunakan daya sekitar 100 megawatt.
teknologi masa depan – truenorth
Garis besar struktur TrueNorth

Perbedaan terbesar yang ada pada TrueNorth dibandingkan dengan jenis komputer pada umumnya adalah desain chipnya yang mirip dengan otak. TrueNorth memiliki sistim yang paralel, modular, dapat diskala, fleksibel, dan dapat menoleransi kesalahan. Sistim TrueNorth menggabungkan komputasi, komunikasi, dan memori. Hal paling aneh yang ada dalam chip ini adalah ia tidak memiliki clock rate (clock rate adalah “sekian” gHz yang biasa ada pada CPU laptop).

Saat ini, IBM telah membuat komputer dari kumpulan chip TrueNorth yang menyamai 16 juta neuron dan 4 miliar sinapsis otak manusia. Diharapkan, IBM dapat membuat sistim yang lebih gila lagi, dengan 4 miliar neuron dan 1 triliun sinapsis yang akan memakan daya sebesar 4 kilowatt.

Sumber : https://nisachoi.blog.uns.ac.id/seva-mobil-bekas/