OPPO Seriusi Pengembangan Teknologi 5G

OPPO Seriusi Pengembangan Teknologi 5G

OPPO Seriusi Pengembangan Teknologi 5G

 

OPPO Seriusi Pengembangan Teknologi 5G
OPPO Seriusi Pengembangan Teknologi 5G

Teknologi generasi kelima (5G) merupakan wadah perkembangan teknologi masa depan, awal mula perubahan besar yang bakal mendorong revolusi jaringan sekaligus membuat industri smartphone kembali bergairah.

Sebagai produsen ponsel pintar, OPPO menunjukkan keseriusannya memelopori teknologi 5G ini dengan melakukan serangkaian pengembangan. Yang teranyar adalah uji coba panggilan telepon di Batam, Kepulauan Riau, melalui protokol Internet (VoIP) menggunakan perangkat Reno 5G (28/11/2019).

“Uji jaringan 5G menunjukkan kesiapan Oppo sebagai vendor untuk menyongsong teknologi generasi kelima di Indonesia,” terang CEO OPPO Indonesia Ivan Lau, seperti dilansir Antara, “Secara global, uji coba itu juga menjadi perwujudan komitmen kami dalam pengembangan teknologi 5G di dunia.”

Reno 5G merupakan perangkat komersial pertama OPPO yang dipasarkan khusus di Eropa melalui operator Swisscom sejak Mei 2019. Sebelum resmi dipasarkan, seri ini telah diperkenalkan di ajang “OPPO Innovation Event 2019” di Barcelona, Spanyol pada Februari.

Tim awal untuk standarisasi 5G bahkan telah dibentuk OPPO sejak jauh hari, tepatnya April 2015. Tiga tahun setelahnya, pada Mei 2018, Oppo Global Research Institute mengumumkan keberhasilan panggilan video 5G pertama di dunia menggunakan teknologi 3D structured light.

Teknologi tersebut mereproduksi gambar 3D portrait pada penerima jarak jauh

menggunakan informasi yang dikumpulkan kamera 3D structure light pada ponsel seri R11s yang dikustomisasi dan prototipe terminal NR 5G dari Qualcomm Technologies.

Tes kecepatan 5G pun dilakukan pada seri R15 yang telah dikustomisasi dengan dukungan jaringan 5G, didasarkan pada standar 3GPP Release 15 NSA dengan bandwidth 10 Mhz dari Band 5 LTE dan bandwidth 20 Mhz dari 5G NR n78 band. Modem yang digunakan adalah Qualcomm X50, seperti dilansir GSM Arena (29/8/2018). OPPO juga menjalankan basis akses internet 5G pada uji komunikasi nirkabel.

Setelah mengumumkan keberhasilan melakukan panggilan video multiparty

pertama di dunia selama lebih dari 17 menit menggunakan seri R15 Pro via jaringan 5G pada bandwith 100 Mhz, di Shenzhen, Cina (30/11/2018), OPPO mendemonstrasikan sampel Find X 5G pada Konferensi Mitra Global China Mobile pada Desember 2018. Find X versi 5G itu menggunakan modem Snapdragon X50 5G sepaket dengan prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 855.

Pada Februari 2019—bulan yang sama dengan dikenalkannya Reno 5G ke publik—vendor asal Cina yang masuk daftar 5 besar merek top global tahun 2015 ini berhasil melakukan siaran langsung pertama kali di dunia melalui jaringan 5G.

“Ke depannya, OPPO siap mendukung penuh pengaplikasian jaringan 5G di

Indonesia,” tutur Lau.

OPPO bakal mendukung penerapan jaringan 5G di Indonesia dengan memproduksi perangkat-perangkat terbaik dan inovatif—tentu setelah aturan baku mengenai peredaran perangkat 5G dikeluarkan.

Sumber:

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/