Etika dalam Jasa Informasi

Etika dalam Jasa Informasi

Etika dalam Jasa Informasi

Etika dalam Jasa Informasi

Etika jasa informasi adalah

sebagai analisis mengenai sifat dan dampak teknologi informasi, dan formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis.Manajer yang paling bertanggung jawab terhadap etika jasa informasi adalah chief information officier (CIO). Etika komputer terdiri dari dua aktivitas utama yaitu :

  1. CIO harus waspada dan sadar bagaimana komputer mempengaruhi masyarakat.
  2. CIO harus berbuat sesuatu dengan memformulasikan kebijakan-kebijakan yang memastikan bahwa teknologi tersebut secara tepat.

Namun ada satu hal yang sangat penting bahwa bukan hanya CIO sendiri yang bertangung jawab atas etika komputer, Para manajer puncak lain juga bertanggung jawab atas etika computer. Keterlibatan seluruh perusahaan merupakan keharusan mutlak dalam dunia end user computering saat ini.Semua manajer di semua area bertanggung jawab atas aktivitas mereka yang berhubungan dengan komputer, sebuah jasa informasi dituntut menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara sukarela dan bertanggung jawab. Jasa informasi bertanggung jawab kepada klien mereka melalui hal-hal berikut :

  1. Menghindari berbagai konflik
  2. Melindungi privasi dan kerahasiaan semua informasi yang dipercayakan klien
  3. Tepat dalam menyembunyikan dan menyediakan informasi yang berhubungan erat dengan siruasi tertentu
  4. Tidak mengekploitasi kelemahan sistem informasi klien demi kepentingan sendiri.

Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/