Aggregating Disaggregating Data

Aggregating Disaggregating Data

Aggregating Disaggregating Data

Aggregating Disaggregating Data
Aggregating Disaggregating Data

Apabila dimiliki data yang terlampir pada objek peta yang akan diedit, juga dapat dibagi data tersebut untuk setiap bidang agar disesuaikan dengan objek yang baru yang disebut data aggregation atau data disaggregation tergantung apakah akan digabung atau memisahkan objek. MapInfo menghitung nilai data baru untuk objek tersebut tergantung bagaimana menentukan penggabungan atau pemisahan.

Membuat Zona Buffer

Bila ingin mencari seluruh kabel dalam tanah yang terkubur dengan kedalaman 4 meter di Kecamatan Bojong Soang. Atau diinginkan menghubungi seluruh keluarga yang memiliki usia balita yang tinggal dalam radius 5 mil dari wilayah sekolah taman kanak-kanak. Anda tahu bahwa anda dapat mencari objek di daerah tersebut. Tetapi bagaimana cara membuat daerah yang sesuai dengan keterangan di atas ? Anda membuat buffers.

Buffer adalah suatu zona yang mengelilingi objek garis, daerah lain, simbol atau objek lainnya dalam map window. Juga dapat mengontrol dimensi zona buffer dengan menentukan radius buffer. Contohnya, dapat dibuat zona buffer yang mengelilingi jalanjalan di Ciwastra yang meiliki zona kedalaman 4 meter di setiap sisinya. Dapat dibuat daerah buffer yang mengelilingi wilayah sekolah dengan perbatasan sepanjang 5 mil.

Kedua-duanya merupakan radius buffer yang tepat dan dapat disusun radius untuk dijadikan nilai konstan atau dapat dipilih nilai data dari tabel yang akan digunakan sebagai radius. Contohnya, untuk membuat buffer disekeliling kota besar yang menggambarkan tingkat populasinya, juga dapat dipilih bidang populasi sebagai nilai.

Selanjutnya dapat diteruskan untuk menghitung radius buffer dengan menggunakan suatu pernyataan. Contohnya, bila ingin membuat buffer disekeliling kota yang menunjukkan densitas populasi. Tetapi karena tidak dimiliki bidang yang terdiri dari densitas populasi, maka perlu ditulis suatu pernyataan yang dapat dihitung dari densitas dari populasi dan area. Hal ini tidak berbeda dengan menulis suatu pernyataan untuk pemetaan thematic atau pemilihan query.

Bila diinginkan membuat buffer tersendiri untuk memasukkan seluruh objek yang ditentukan atau membuat buffer individu untuk setiap objek. Setelah dibuat daerah buffer, maka dapat dicari objek didalamnya seperti yang dikerjakan dibawah ini .

Untuk membuat buffer, buatlah lapisan yang dapat diedit, dan tentukan sebuah objek atau lebih yang akan mendasari daerah buffer tersebut. Pilihlah buffer dari menu objects, seperti berikut :

· Tentukan radius buffer, baik dalam bentuk konstan atau bidang data dari tabel atau pernyataan
· Tentukan jumlah segmen per lingkaran.

Radius buffer menentukan dimensi dari zona buffer. Contohnya apabila diinginkan membuat suatu daerah yang meliputi zona satu mil pada kedua sisi jalan tol, dan akan ditentukan radius buffer sepanjang satu mil. Apabila dipilih bidang dari tabel atau pernyataan, MapInfo akan menghitung radius dari buffer berdasarkan nilai tersebut.
Jumlah segmen perlingkaran menentukan level dari rincian di daerah buffer tersebut. Semakin banyak segmen per lingkaran, semakin tinggi level dari rincian tersebut. Meskipun demikian, tetaplah diingat bahwa semakin tinggi level rincian tersebut, semakin lama waktu yang diperlukan untuk membuat daerah buffer tersebut. Level default 12 segmen per lingkaran.

Baca Juga :