Reproduksi Pada Hewan Aves

Reproduksi Pada Hewan Aves

Reproduksi Pada Hewan Aves

Reproduksi Pada Hewan Aves

  • Sistem reproduksi jantan

Pada jantan kedua testis melekat didekat ginjal dan vas deferens yang bergulung-gulung dari masing-masing mengarah kembali paralel ke ureter. Banyak burung memiliki vesikuler seminalis tempat vas deferens memasuki kloaka, dan beberapa burung (bebek dan burung unta )memiliki penis median di kloaka. Testis membesar selama musim kawin dan sperma di vasikuler seminalis dimasukkan ke dalam kloaka betina pada saat kawin.


  • Sistem reproduksi betina

Sistem reproduksi betina biasa terjadi disebelah kiri, bagian kanan yang rundimeter dapat berfungsi jika bagian kiri dihilangkan. Ovarium berada di dekat ginjal kiri dekat dengan corong besar yang mengangkut ovum matang ke oviduk dan kemudian ke kloaka. Ovarium dan oviduk berukuran kecil pada betina yang tidak bertelur, tetapi pada musim bertelur keduanya membesar seiring dengan bertambahnya jumlah ovum.


Ketika ovum matang, ia menerima kuning telur di ovarium sebelum dilepaskan ke selom dan diambil oleh corong. Fertilisasi kemungkinan berlangsung di bagian atas oviduk. Albumen (putih telur) ditambahkan oleh kelenjar di bagian tengah, dan cangkang serta membran cangkang diesekresikan di bagian posterior.


  • Proses fertilisasi

Pada burung betina hanya ada satu ovarium, yaitu ovarium kiri. Ovarium kanan tidak tumbuh sempurna dan tetap kecil yang disebut rudimenter. Ovarium dilekati oleh suatu corong penerima ovum yang dilanjutkan oleh oviduk. Ujung oviduk membesar menjadi uterus yang bermuara pada kloaka. Pada burung jantan terdapat sepasang testis yang berhimpit dengan ureter dan bermuara di kloaka.Fertilisasi akan berlangsung di daerah ujung oviduk pada saat sperma masuk ke dalam oviduk. Ovum yang telah dibuahi.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-house-of-da-vinci-apk/