Pengertian Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran dapat diartikan

sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah didudun dalam bentuk kegiatan yang nyata dan praktis. Untuk mencapai tujuan pembelajaran pada umumnya metode pembelajaran klasikal hanya memperhatiakan satu aspek saja yaitu aspek penyampaian informasi. Sedangkan sebagai pendidik profesional, maka dituntut harus dapat merangsang terjadinya proses berpikir, harus membantu tumbuhnya sikap kritis, serta mampu mengubah pola pikir peserta didiknya, sehingga diperlukan penggunaan metode mengajar lainnya yang lebih efekti dan efisien
Berikut merupakan pengertian Metode Pembelajaran menurut para ahli :

  1. Nana Sudjana  : metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengedakan hubungan dengan siswanya pada saat berlangsungnya pengajaran.
  2. Ahmad Sabri  : metode pembelajaran adalah cara-cara atau teknik penyajian bahan pelajaran baik individual maupun kelompok.
  3. M. Sobri Sutikno : metode pembelajaran adalah cara-cara penyajian materi pelajaran yang dilakukan pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam mencapai tujuan
  4. Gerlach dan Elly : metode pembelajaran adalah rencana yang sistematis untuk menyampaikan informasi
  5. Bayiruddin Usman : metode pembelajaran adalah salah satu cara penyampaian bahan pelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

            Dari pengertian metode pembelajaran menurut para ahli di aatas, proses pembelajaran dapat dilakukan didalam maupun diluarkelas. Ada berbagai macam metode pembelajran yang bisa diterakan dalam mengajar siswa di kelas termasuk di dalam pembelajaran sejarah. Metode yang dipilih dapat dipengaruhi oleh banyak hal, misalya jenis materi yang disampaikan, jumlah siswa yang mengikuti pelajaran, situasi saat pembelajaran, dan kemampuan rata-rata siswa dalam kelas.


Baca Juga :