Pengertian Manajemen Laba

Pengertian Manajemen Laba

Pengertian Manajemen Laba

Pengertian Manajemen Laba

Manajemen laba adalah

sebagai suatu proses mengambil langkah yang disengaja dalam batas prinsip akuntansi yang berterima umum baik itu didalam maupun diluar batas General Accepted Accouting Principle (GAAP). Copeland (1968: 10) dalam utami (2005) mendefinisikan manajemen laba sebagai “some ability to increase or decrease reported net income at will”. ini berarti bahwa manajemen laba mencakup usaha manajemen untuk memaksimumkan atau meminimumkan laba termasuk perataan laba, sesuai dengan keinginan manajer. Scott (2000) dalam Rahmawati dkk (2006) membagi cara pemahaman atas manajemen laba menjadi dua.

  • Pertama

    Melihatnya sebagai perilaku oportunistik manajer untuk memaksimumkan utilitasnya dalam menghadapi kontrak kompensasi, kontrak utang dan political costs ( opportunistic earnings management ).


  • Kedua

    Dengan memandang manajemen laba dari perspektif efficient contracting ( efficient earnings management ) dimana manajemen laba member manajer suatu fleksibilitas untuk melindungi diri mereka dan perusahaan dalam mengantisipasi kejadian-kejadian yang tak terduga untuk keuntungan pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak. Dengan kata lain manajer dapat mempengaruhi nilai pasar dalam suatu perusahaannya yang melalui manajemen laba, misalnya dengan membuat perataan laba ( income smoothing ) dan pertumbuhan laba sepanjang waktu.


Sumber:

https://7regentlane.com/2020/04/medals-of-war-apk/