Pengertian Kepercayaan

Pengertian Kepercayaan

Pengertian Kepercayaan

Pengertian Kepercayaan

Ketika dilihat sebagai karakteristik atau properti individu, kepercayaan adalah variabel kepribadian,dengan demikian menempatkan penekanan pada karakteristik   individu   seperti   perasaan,    emosi,    dan    nilai    (Wolfe,   1976). Kepercayaan melibatkan pengambilan risiko dua belah pihak yang mengetahui bahwa tindakan suatu pihak secara material dapat mempengaruhi pihak lain.

Literatur sosiologis konseptual kepercayaan baik sebagai keterampilan individu, hubungan sosial, atau sistem sosial yang tidak proporsional dengan perhatian pada perilaku yang didasarkan pada tindakan pada tingkat individu (Misztal, 1996).


Ketiga tingkat kepercayaan saling berhubungan. Pada level individu, Anda percaya seorang individu untuk melakukan sesuatu berdasarkan apa yang harapkan disposisi, kemampuannya, reputasinya dan sebagainya bukan hanya karena dia mengatakan dia akan melakukannya. Di tingkat kolektif, jika Anda tidak percaya suatu badan atau organisasi dengan yang individu berafiliasi, Anda tidak  akan  percaya  padanya   untuk   memenuhi   kesepakatan   (Dasgupta,1988).

Selain itu, individu mempertimbangkan latar belakang, budaya, dan sistem sosial ketika menentukan apakah akan percaya padanya. Ini adalah keterkaitan yang yang menunjukkan bagaimana membangun kepercayaan pada tingkat mikro berkontribusi pada determinan dari lebih abstrak bentuk kepercayaan pada tingkat makro (Luhmann 1988).

Berdasarkan paparan para ahli diatas penulis menyimpulkan bahwa kepercayaan (Trust) merupakan keterampilan yang dimiliki baik oleh individu maupun kelompok yang mengguakan sisi emosional, karena apa yang salah satu pihak lakukan dapat memberikan pengaruh terhadap pihak lain berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Kepercayaan adalah

variable kunci bagi kesuksesan relationship marketing “Morgan dan Hunt, 1994”. Variabel ini memiliki dampak yang kuat pada keefektifan dan keefisienan relationship marketing. Kepercayaan adalah suatu keadaan yang terjadi ketika seorang mitra percaya atas keandalan serta kejujuran mitranya.


Sumber: https://suryamasrental.co.id/new-star-manager-apk/