Pengertian Genetika

Pengertian Genetika

Pengertian Genetika

Pengertian Genetika

Genetika adalah ilmu yang berhubungan dengan studi dan pemahaman tentang faktor keturunan, evolusi, perkembangan, ekologi, biologi molekuler dan ilmu forensin. Seorang ilmuwan yang bernama Gregor Johan Mendel merupakan orang yang pertama kali melakukan penelitian mengenai penurunan sifat, oleh karena itu ia dinobatkan sebagai bapak genetika.


Persilangan Dua Individu

Dalam persilangan dua individu yang memiliki sifat beda disebut dengan hibrid, terdapat beberapa macam hibrid yang diantaranya yaitu :

  • Monohibrid suatu hibrid dengan satu sifat beda.
  • Dihibrid suatu hibrid dengan dua sifat beda.
  • Trihibrid suatu hibrid dengan tiga sifat beda.

Untuk individu dengan pasangan gen sama disebut dengan homozigot. Sedangkan untuk individu dengan pasangan gen berbeda disebut dengan heterozigot.


Hukum Mendel ( I Dan II )

  • Hukum I Mendel

Hukum I Mendel dikenal dengan pemisah Gen yang sealel. Sifat dominan yang tidak muncul secara penuh disebut dengan sifat intermediate.


  • Hukum II Mendel

Hukum II Mendel dikenal dengan hukum pengelompokan Gen secara bebas. Perkawinan resiprokal merupakan perkawinan kebalikan dari yang semula dilakukan dan menghasilkan keturunan dengan perbandingan genotip yang sama. Perkawinan balik ( back cross ) ialah perkawinan antara individu F1 dengan salah satu induknya. Uji silang ( test cross ) ialah perkawinan antara individu F1 ( hibrid ) dengan individu yang homozigot resesif. Alel ialah gen-gen yang terletak pada lokus yang sama dalam kromosom homolog.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/witches-legacy-apk/