Biar Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android Kamu

Biar Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android Kamu

Biar Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android Kamu

Biar Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android Kamu
Biar Aman, Begini Cara Mengunci Aplikasi Android Kamu

Beberapa vendor smartphone ada yang melengkapi setiap smartphone besutannya

dengan aplikasi pengaman bawaan. Yang fungsinya adalah untuk mengunci aplikasi agar lebih aman dan tidak bisa digunakan oleh tangan-tangan selain tangan pemiliknya. Salah satu vendor smartphone yang memiliki aplikasi default untuk mengunci aplikasi adalah Xiaomi.

Jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi, kamu bisa membaca bagaimana cara mengunci aplikasi dengan memanfaatkan fitur bawaan di artikel ini. Pertanyaannya adalah, bagaimana jika smartphone yang kamu gunakan tidak memiliki fitur bawaan untuk mengunci aplikasi?

Gampang. Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi di Google Play yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi lainnya. Salah satu aplikasi terbaik dalam kategori ini adalah AppLock. Kamu bisa mendownload aplikasi ini langsung di Google Play.

Jika sudah kamu download, buka aplikasi AppLock-nya. Kira-kira beginilah tampilan awalnya.

Seperti yang terlihat diatas, pertama kamu harus menggambar pola utama yang

digunakan untuk membuka aplikasi ini. Sebagai saran, gunakanlah pola yang rumit. Contoh sederhana pola yang sulit ditebak adalah pola yang menggunakan semua titik yang ada (total 9 titik).

Kamu juga diminta untuk mencantumkan alamat email. Walaupun sepertinya ini tiadk wajib. Kemudian kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

Gulir terus ke bawah sampai kamu melihat daftar aplikasi yang terpasang di smartphone kamu. kemudian klik logo gembok terbuka yang ada di samping kanan aplikasi. Klik hingga logo gembok terbuka berubah menjadi gembok terkunci.

Kamu bisa mengunci semua aplikasi yang terpasang di smartphone kamu tanpa

batasan. Terutama aplikasi-aplikasi yang didalamnya mengandung informasi akun dan data-data pribadi seperti aplikasi sosmed, pesan instan dan email.

Ketika aplikasi telah terkunci, maka untuk menggunakannya kamu harus memasukan pola AppLock yang tadi telah kamu buat di awal.

Itu dia cara mengunci aplikasi di android menggunakan AppLock. Terkadang, bukan cuma rumah dan hati saja yang perlu di kunci. Aplikasi juga.

Baca Juga: