Bakteri Yang Merugikan Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

Bakteri Yang Merugikan Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

Bakteri Yang Merugikan Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

Bakteri Yang Merugikan Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan

a) Xanthomonas Campestris pv. Oryzae dye

Terdiri atas:

  1. Ciri-CiriBakteri Xanthomonas campestris pv. Oryzae dye berbentuk batang pendek m, di ujungnya memiliki satu flagela polar m berfungsi sebagai alat bergerak, bersifat aerob, gram negatif dan tidak membentuk spora di atas media PDA bakteri ini membentuk koloni bulat cembung yang berwarna kuning keputihan sampai kuning kecoklatan dan memiliki permukaan yang licin.
  2. KerugianBakteri Xanthomonas campestris penyebab penyakit hawar daun bakteri khususnya pada tanaman padi.

b) Pseudomonas Solanacearum

Terdiri atas:

  • Ciri-CiriPseudomonas solanacearum merupakan bakteri hidrokarbonoklastik yang mampu mendegradasi berbagai jenis hidrokarbon, terangkut oleh air melalui tanah dan alat-alat pertanian yang digunakan serta bibit yang digunakan bila mengandung penyakit dapat juga menularkannya, menginfeksi bagian-bagian tanaman yang utuh yang berada dalam tanah dan proses infeksinya akan lebih cepat terutama pada bagian-bagian tanaman yang terluka, bakteri Pseudomonas solanacearum merupakan penghuni tanah tetap (Soil inhabitat) atau lingkungan air tawar dan air laut, menginfeksi bagian tanaman yang utuh terlebih pada bagian yang luka akibat serangan nematode.
  • KerugianBakteri Pseudomonas solanacearum menyebabkan penyakit layu bakteri pada tanaman tomat.

c) Pseudomonas Cattleyae

Terdiri atas:

  1. Ciri-CiriTermasuk dalam bakteri Gram-negatif, batang pendek bergerak dan stasioner dari 1 sampai 3 mikron panjang dan ekstrem bulat, bakteri aerobik tidak membentuk spora dan menghasilkan asam tetapi bukan gas dalam glukosa, levulosa, sukrosa, manitol dan dulcitol, pertumbuhan in vitro diperoleh pada 10-45 derajat celcius.
  2. KerugianBakteri ini menyebabkan bercak cokelat pada tanaman anggrek.

d) Agrobacterium Tumifaciens

Terdiri atas:

  • Ciri-CiriTermasuk dalam Spesies Agrobacterium tergolong bakteri gram-negatif yang merupakan bakteri aerob dan mampu hidup baik sebagai saprofit maupun parasit, berbentuk batang, berukuran 0.6-1.0 µm sampai 1.5-3.0 µm, dalam bentuk tunggal atau berpasangan, bakteri yang mudah bergerak (motile) dan memiliki 1-6 flagela peritrichous serta merupakan bakteri tak berspora. Suhu optimal pertumbuhan bakteri ini ialah 25-28 derjat celcius, kumpulan bakteri ini biasanya berbentuk cembung, bulat, lembut dan tak berpigmen, mengandung sebuah plasmid besar yaang disebut dengan Ti-plasmid yang bertanggung jawab pada proses onkogenesitas A. Tumefaciens, Ti-plasmid hidup secara stabil dalam tubuh bakteri meskipun ukurannya besar (200-900 kb).
  • KerugianDapat menyebabkan penyakit tumor Crown Gall pada tanaman dikotil.

e) Pseudomonas Pseudozoogloeae

Terdiri atas:

  • Ciri-Ciri
    Bakteri berbentuk batang, berukuran 0,7-1,0 x 0,9-2,5 µm membentuk rantai, bergerak dengan 1 atau 2 flagel yang terdapat di ujung, bakteri ini bertahan pada sisa tanaman sakit.
  • Kerugian
    Bakteri Pseudomonas pseudozoogloeae menyebabkan penyakit karat hitam pada tanaman tembakau.

Sumber: https://www.thorhammer.co.id/cube-survival-story-apk/