Unsyiah Aceh Kukuhkan Profesor Ahli Rayap Terbaik Dunia

Unsyiah Aceh Kukuhkan Profesor Ahli Rayap Terbaik Dunia

Unsyiah Aceh Kukuhkan Profesor Ahli Rayap Terbaik Dunia

Unsyiah Aceh Kukuhkan Profesor Ahli Rayap Terbaik Dunia
Unsyiah Aceh Kukuhkan Profesor Ahli Rayap Terbaik Dunia

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, kembali mengukuhkan 4 profesor dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Ketua Senat Unsyiah, Prof. Said Muhammad, di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Kamis (12/12).

Prof Said mengatakan, mereka yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. M. Faisal, ST.,

M.Eng (Fakultas Teknik), Prof. Dr. Ir. Rosnani Nasution (Fakultas MIPA), M.Si, Prof. Dr. Ir. Marlina, M.Si (Fakultas MIPA), dan Prof. Syaukani, S.Si., M.Sc (Fakultas MIPA).
Dalam rapat terbuka tersebut, para profesor juga menyampaikan orasi ilmiahnya. Dimulai dari Prof. Faisal dengan judul orasi ‘Pengolahan Limbah Padat Industri Kelapa Sawit: Waste Into Valuables’. Orasi kedua disampaikan Prof. Syaukani dengan judul ‘Biodiversitas Rayap di Indonesia: Tantangan dan Peluang’. Orasi ketiga oleh Prof. Rosnani Nasution dengan judul ‘Kekayaan Tumbuhan Aceh sebagai Sumber Obat-obatan dan Kosmetik’, dan orasi terakhir oleh Prof. Marlina dengan judul ‘Sintesis Membran Poliuretan Berbasis Biopoliol Alam untuk Mengatasi Krisis Air Bersih.”

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal, mengatakan salah satu profesor yang

dikukuhkan adalah ahli rayap terbaik dunia. Dia adalah Prof Syaukani.
“Kepakaran beliau tentang rayap bukan saja dikenal di Indonesia, tetapi juga diketahui dunia, karena beliau berada di antara 10 ahli rayap terbaik di dunia,” ujarnya.

Pengukuhan 4 profesor baru di Unsyiah. Foto: Humas Unsyiah

Menurut Rektor Unsyiah, karena ketekunan dan kepakarannya, Prof. Syaukani telah berhasil mengoleksi lebih dari 200 jenis rayap dari berbagai habitat. Lebih dari 100 jenis rayap tersebut, diperkirakan jenis baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Temuan ini membuktikan hutan tropis Indonesia menyimpan kekayaan biodiversitas yang luar biasa.
Rektor menyebutkan Prof. Syaukani menjadi tokoh sentral yang menemukan, mengidentifikasi, dan mempublikasikan jenis rayap. Ia bukan hanya mempromosikan rayap dan Indonesia, tetapi juga telah melambungkan nama Unsyiah.

 

Baca Juga :