Startup Lokal Jadi Unicorn, Pola Baru VS Mimpi Semu

Startup Lokal Jadi Unicorn, Pola Baru VS Mimpi Semu

Startup Lokal Jadi Unicorn, Pola Baru VS Mimpi Semu

Startup Lokal Jadi Unicorn, Pola Baru VS Mimpi Semu
Startup Lokal Jadi Unicorn, Pola Baru VS Mimpi Semu

Kalangan eksekutif mengklaim ambisi perusahaan rintisan (startup) untuk menjadi unicorn bukan lagi mimpi di siang bolong. Berdasarkan klaim pemerintah, setidaknya akan ada tambahan dua startup yang menjadi ‘raksasa’ baru dalam kurun satu tahun ke depan.

Unicorn adalah status perusahaan rintisan milik swasta yang memiliki nilai kapitalisasi lebih dari US$1 miliar.

Menteri Riset, Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro optimistis Indonesia mampu melahirkan dua unicorn baru pada awal 2020.

Kemunculan unicorn baru akan melengkapi lima startup unicorn nasional lain,

yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Ovo, dan Gojek. Bahkan Gojek telah menyandang status decacorn dengan nilai valuasi di atas US$10 miliar.

“Saat ini officially unicorn-nya lima, berpotensi nambah dua lagi. Akhir tahun ini. Jadi mudah-mudahan memasuki tahun baru 2020 nanti, unicorn kita bisa tujuh,” ujar Bambang.

Bambang optimistis karena melihat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia yang naik signifikan dan diprediksi terus melonjak.

Lihat juga:Menristek: Dua Unicorn Baru Akan Muncul di Awal Tahun 2020

Bambang meyakini Indonesia menjadi negara dengan startup unicorn terbanyak di

Asia Tenggara. Bahkan masuk menjadi 10 negara dengan startup unicorn terbanyak di dunia.

Senada, Ketua Dewan Pembina yayasan independen Nexticorn Rudiantara berambisi mendorong terciptanya tiga unicorn baru tahun depan. Hal itu diharapkan terutama berasal dari pertemuan tahunan, Nexticorn International Summit 2019.

Nexticorn merupakan yayasan independen yang bertujuan menciptakan startup

unicorn baru di Indonesia. Hal ini dilakukan guna mendukung Indonesia menjadi pusat ekonomi baru berbasis digital di dunia.

“Harapannya, melalui summit ini dapat memicu terciptanya tiga unicorn baru di tahun depan, sehingga dapat mendorong Indonesia untuk menjadi The New Economy Global Hub,” ungkap Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika tersebut.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/