UIN Raden Fatah Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya 2020

UIN Raden Fatah Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya 2020

UIN Raden Fatah Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya 2020

UIN Raden Fatah Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya 2020
UIN Raden Fatah Palembang Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya 2020

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (Rafa) Palembang akan menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) ke XV Tahun 2020. UIN Rafa terpilih dalam Focus Group Discussion (FGD) Pembina Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berlangsung di Palembang.

Mewakili Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Ruchman Basori menyatakan, perkemahan wirakarya merupakan ajang apresiasi dan unjuk karya atas pembinaan pramuka yang selama ini dilakukan oleh UIN, IAIN, STAIN dan PTKIS.

“Melalui PW PTK kita akan melihat kapasitas, kreativitas dan semangat mahasiswa

pandega dari hasil pembinaan dan dinamika kegatan kepramukaan di pangkalan PTKI,” tutur Ruchman dihadapan para Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia, Sabtu (5/10) di Palembang.

Ruchman berharap, PW PTK 2020 diperkuat dengan mengundang Pramuka Luar Negeri, minimal dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara untuk meningkatkan pergaulan dan kepedulian global.

“Menjadi keharusan pramuka PTKI untuk membangun kepedulian mengatasi radikalisme dan intoleransi antar kawasan dengan pramuka lain dengan mengedepankan moderasi beragama,” katanya.

“Perkemahan Wirakarya PTK harus menjawab kebutuhan pramuka mahasiswa yang

notebenenya adalah generasi millenial dan menjawab tantangan revolusi industri 4,0,” lanjutnya.

Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, Waryono Abdul Ghofur mengatakan, kegiatan PW PTK harus sukes. Salah satu caranya, dengan mengedepankan koordinasi dan kolaborasi antara tuan rumah, Kementerian Agama, Wakil Rektor III dan unsur pembina pramuka.

Waryono berharap, melalui Gerakan Pramuka, pengembangan karakter, penguatan nilai-nilai kebangsaan, sekaligus moderasi beragama menjadi efektif ditanamkan kepada mahasiswa PTKI.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Fatah, Rina Antasari

mengatakan menjadi tuan rumah PW PTK XV adalah kehormatan sekaligus tantangan bagi UIN Rafa.

“Kita akan persiapkan dengan baik dengan menggandeng Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota,” ucapnya.

Perkemahan akan digelar di Desa Payakabung, Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

 

Baca Juga :