Cara Menanamkan Kegemaran Membaca Sejak Dini

Cara Menanamkan Kegemaran Membaca Sejak Dini

Dengan majunya teknologi, tentu lumayan sulit unik perhatian anak pada buku, sebab umumnya anak lebih tertarik bermain game yang terdapat di gadget. Tetapi, ada sejumlah metode yang dapat dipakai orang tua guna menanamkan hobi membaca semenjak dini, yaitu laksana berikut ini:

1. Membacakan cerita

Dengan membacakan cerita, anak senantiasa menilik rangkaian kata yang didengarnya. Rangkaian kata itu akan terekam dalam kenangan dan memperkaya kosa katanya. Dengan begitu, keterampilan berbahasanya pun bakal terlatih. Cara ini adalahpancingan supaya anak tertarik dengan susunan kata dalam suatu buku.

2. Ajak ke toko kitab atau perpustakaan

Mengisi masa-masa luang atau berlibur tidak mesti ke mall atau bioskop. Orang tua dapat mengajak anaknya pergi ke perpustakaan umum atau toko buku. Ketika mendarat di toko kitab atau perpustakaan, biarkan anak berkeliaran dan menggali hal yang unik baginya. Tugas orang tua ialah memerhatikan jenis kitab apa yang membuatnya tertarik, karena tersebut dapat menjadi pancingan guna memulai kelaziman membaca.

3. Hadiahi buku
Ketika buah hati kita berulang tahun, tidak boleh selalu memberi sesuatu yang mewah laksana mainan, baju baru atau gadget. Buku bisa menjadi hadiah yang bernilai sebab memiliki guna yang tidak sedikit dan isi kitab tersebut akan tidak jarang kali menempel di kepala anak. Berilah hadiah kitab mengenai sesuatu yang disukainya atau unik perhatiannya supaya anak bisa menanamkan hobi membaca semenjak dini.

4. Pancing mengisahkan isi kitab yang dibacanya

Setelah anak menyimak buku, berikanlah suatu pertanyaan tentang isi kitab tersebut. Dengan begitu, sang anak bakal merasa bahwa yang dibacanya memberi wawasan baru. Selain tersebut bercerita pun dapat memancingnya guna memperkaya kosa kata.

5. Beri misal bahwa menyimak dapat menjadi hobi

Sebelum menuntut anak guna rajin membaca, pekerjaan tersebut mesti didahului oleh orang tua sebagai contoh. Baik tersebut membaca koran, kitab pengetahuan atau novel, pekerjaan tersebut bakal memancing anak guna meniru perilaku tersebut, sebab pada dasarnya anak selalu meneliti perilaku orang tua dan mengikutinya.

6. Ciptakan perpustakaan keluarga

Pada etape yang lebih lanjut, saat perilaku anak telah mencerminkan hobi membaca, pasti dirinya bakal mulai mengoleksi buku-buku yang menurutnya unik untuk dibaca. Buatlah perpustakaan family yang isinya berupa kumpulan kitab yang dipunyai oleh semua anggota keluarga.

Perpustakaan yang dihadirkan di lokasi tinggal tidak butuh mewah. Jika tidak mempunyai ruang kosong di dalam rumah, lumayan menyediakan satu lokasi di satu sudut ruangan untuk membubuhkan lemari dan rak buku.

Sumber : http://www.medvik.cz/link/access.do?source=ss&url=https://www.pelajaran.co.id