Trik Santai Menenangkan Bayi yang Menangis Tengah Malam

Jangan Panik, Inilah Trik Santai Menenangkan Bayi yang Menangis Tengah Malam

Duh, galaunya kalau tiba-tiba si kecil suka nangis tengah malam. Kita jadi harus bangun dan begadang untuk menenangkannya. Nggak perlu panik, wajar kok jika si kecil menangis tengah malam. Bukan karena hal mistis ya, tapi bisa jadi penyebabnya ialah karena si kecil lapar atau terbangun karena mimpi buruk.

Sebagai ibu baru, wajar kalau masih sering bingung bagaimana cara mengatasi si kecil yang jadi rewel tengah malam. Tenang! Kali ini akan memberimu trik yang bisa digunakan untuk meredakan tangisan si kecil.

1. Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggendongnya. Hal ini akan membuat si kecil lebih rileks

Kamu bisa menggendongnya dengan cara dibedong atau gendong langsung dengan menggunakan tangan. Letakkan si kecil di sekitar dadamu agar dia bisa mendengar detak jantung dan mencium aroma ibunya. Ada beberapa teknik menggendong yang bisa kamu coba dan satu-satunya cara adalah langsung mempraktikan untuk tahu yang mana yang bayimu suka.

2. Kamu bisa lo mengusap-usap kepala atau punggung si kecil ketika ia menangis. Atau kamu juga bisa memeluknya agar ia lebih nyaman

Katanya sentuhan ibu ialah hal yang paling menenangkan, bahkan kadang banyak anak yang ketika menangis melihat ibunya saja sudah tenang. Nah, dengan begini kamu bisa lo menstimulasi si kecil dengan menyentuh tangan, kaki, kepala, atau pundaknya apalagi dengan memeluknya.

3. Selain kedua cara tadi, mendengarkan musik-musik lembut atau instrumen bisa kamu coba untuk membuat si kecil tenang dan tidak menangis lagi

Hal ini bisa dibilang cukup efektif. Pasalnya musik lembut atau instrumental akan membuat denyut jantungnya stabil, sehingga si kecil jadi lebih tenang dan nyaman.

4. Bukan marah-marah, tapi cobalah untuk berbicara lebih lembut kepada si kecil saat ia menangis, atau kamu juga bisa mencoba menyanyikan lagu untuknya

Komunikasi terbaik adalah dengan berbicara. Suaramu yang lembut akan menunjukkan bahwa kamu sedang mencoba untuk mengetahui apa yang membuat dia menangis. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kontak antara ibu dan bayi.

5. Salah satu alasan bayimu rewel tengah malam ialah karena lapar. Nah, kalau sudah tau penyebabnya jadi tahu kan harus ngapain

Kalau kita saja bisa lapar tengah malam, bayi juga bisa dong. Saat bayi lapar kamu bisa langsung menyusuinya. Biasanya setelah disusui si kecil akan langsung terlelap kok. Tapi ingat, bayi nangis buka saja karena lapar ya!

6. Sendawakan bayi jika sekiranya si kecil nggak nyaman akibat pencernaannya

Gas yang terperangkap dalam pencernaan si kecil tentu akan membuatnya tidak nyaman. Pastikan sendawakan bayi setiap selesai menyusu untuk membantunya merasa nyaman.

7. Cara terakhir, minta bantuan suami untuk menenangkannya. Bisa jadi bayimu nangis karena mimpi buruk dan ingin digendong ayahnya

Ada beberapa bayi yang seperti ini, bisa jadi karena ia mimpi buruk atau ia kangen ayahnya dan minta di gendong. Jika memang hal ini terjadi, jangan ragu untuk minta bantuan suami untuk bantu menenangkan si kecil

Baca Juga :