Pengertian Seni Menurut Para Ahli

pengertian seni

Nah, apa artinya seni? dilihat dari sumberĀ  ilmu belajar Seni kognitif adalah ekspresi emosi manusia yang mengandung unsur keindahan dan diekspresikan dalam media nyata, baik dalam bentuk nada, penampilan, gerakan dan puisi, yang dapat dirasakan dalam lima indera manusia.

Ada juga yang mengklaim bahwa ekspresi artistik adalah semua aktivitas manusia yang mengandung objek estetika dan dapat memengaruhi perasaan orang lain. Singkatnya, seni adalah hasil dari mekanisme batin yang diekspresikan dalam bentuk karya yang dapat mempengaruhi emosi orang.

Pemahaman etimologis berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Sani yang berarti pemujaan, pengorbanan dan pelayanan. Dengan kata lain, seni terkait erat dengan upacara keagamaan yang juga disebut “seni”.

Gambaran umum seni

Seni adalah keseluruhan yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan diri dan orang lain. Berdasarkan definisi ini, seni adalah produk kecantikan, di mana orang mencoba menciptakan sesuatu yang indah dan dapat membawa kebahagiaan.

Seni berasal dari kata “Sani” yang merupakan bahasa Sansekerta yang berarti memberi atau menyembah. Dalam seni publik tradisional Anda memiliki hubungan dekat dengan festival tradisional atau festival keagamaan yang sering disebut seni lokal.

Menurut Padma Pusphita, seni berasal dari kata “Genius”, yang merupakan kata Belanda yang berarti genius dalam bahasa Latin. Seni adalah keterampilan luar biasa yang telah dibawa oleh manusia sejak lahir atau merupakan bakat yang sering disebut bakat. Sedangkan dalam seni bahasa Inggris disebut “Seni” yang berarti seni visual atau seni.

Memahami seni menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa artinya bagi seni, kita bisa melihat pendapat para ahli lain dalam definisi seni. Berikut ini adalah definisi seni menurut para ahli:

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles, gagasan seni adalah bentuk ekspresi dan penampilan yang tidak berbeda dari kenyataan, seperti halnya sifat imitasi.

2. Plato
Menurut Plato, konsep seni adalah hasil dari peniruan alam dan segala isinya (ars imitator naturam).

3. Baca Herbert
Menurut Herbert Read, ekspresi artistik adalah manifestasi dari pencurahan efek visual dan pengalaman yang berkaitan dengan perasaan, aktivitas fisik dan mental melalui aktivitas.

4. Thomas Munro
Menurut Thomas Munor, definisi seni adalah alat yang dirancang oleh manusia untuk menimbulkan efek psikologis yang dilihat orang lain.

5. Leo Tolstoy
Menurut Leo Tolstoy, gagasan seni adalah ekspresi perasaan pencipta yang diekspresikan kepada orang lain dengan harapan mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pencipta.

6. Sudarmaji
Menurut Sudarmaji, konsep seni adalah manifestasi dari pengalaman manusia akan keindahan dan keindahan melalui media garis, bidang, warna, tekstur, volume dan cahaya gelap.

7. Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, esensi seni adalah hasil dari keindahan untuk mempengaruhi perasaan orang yang Anda lihat, dan seni adalah tindakan manusia yang dapat mempengaruhi dan menyebabkan emosi positif.

8. Alexander Baum Garton
Menurut Alexander Baum Garton, gagasan seni adalah keindahan dan niat baik yang membuat penikmat senang.

9. Drs. Popo Iskandar
Menurut Popo Iskandar, ekspresi artistik adalah hasil dari ekspresi emosional yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup dalam komunitas / kelompok.

10. Emanuel Kant
Menurut Imanuel Kant, definisi seni adalah mimpi karena formula tidak dapat menggantikan kenyataan.

11. Hilary Bel
Menurut Hilary Bel, ekspresi artistik adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menginspirasi hati untuk menemukan siapa seniman itu.

12. Eric Ariyanto
Menurut Eric Ariyanto, visi artistik adalah karya spiritual atau batin yang tercermin dalam sifat karya dan membangkitkan perasaan penonton atau pendengar.

13. Ensiklopedia Indonesia
Menurut Indeks Indonesia, konsep seni adalah kreasi dari segala sesuatu, karena keindahannya sehingga orang suka melihat atau mendengar.

Baca Juga :