Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

Manusia tiap-tiap hari lakukan aktivitas mengkonsumsi bersama tujuan untuk mencukupi kebutuhan. Kegiatan yang dilakukan manusia tergantung dari tujuan masing-masing individu. Konsumsi adalah aktivitas menggunakan, memakai, atau menghabiskan barang/jasa atau kurangi manfaat barang/jasa untuk mencukupi keperluan baik sekaligus maupun secara berangsur-angsur.

Perlu diketahui bahwa pembawaan dasar manusia yang selalu ingin mencukupi semua kebutuhannya, namun keperluan manusia tidak ada batasnya. Ketika keperluan telah terpenuhi, bakal muncul keperluan yang lain. Hal ini bakal memicu manusia condong berperilaku konsumtif.

Faktor-faktor yang pengaruhi pola mengkonsumsi seseorang, antara lain;
a. Tingkat Pendapatan

Besar-kecilnya pendapatan yang di terima seseorang bakal pengaruhi pola mengkonsumsi orang itu. Semakin besar pendapatan seseorang maka konsumsinya condong meningkat dan sebaliknya jikalau pendapatnya sedikit maka jumlah mengkonsumsi orang itu termasuk sedikit.

b. Sikap Hidup
Sikap hidup seseorang bakal berpengaruh pada pola konsumsi, perumpamaan sikap hidup boros atau hemat. Mereka yang miliki sikap hidup boros maka tingkat komsumsinya condong tinggi. Dan mereka yang miliki sikap hidup irit maka tingkat konsumsinya condong sedikit.

c. Lingkungan Tempat Tinggal
Manusia hidup tidak terlepas dari lingkungan sekitarnya. Manusia bakal selalu beradaptasi bersama lingkungannya, sehingga pola mengkonsumsi seseorang itu benar-benar tergoda oleh lingkungan seseorang itu berada.

d. Selera
Keinginan masing-masing orang tidaklah sama. Keinginan yang muncul dalam diri seseorang gara-gara terdapatnya daya tarik barang/jasa yang tergoda oleh faktor psikologis, yang dikenal bersama selera. Selera seseorang bakal pengaruhi pola konsumsi. Jika selera orang itu tinggi pada suatu barang/jasa maka mengkonsumsi pada barang/jasa bakal meningkat, dan sebaliknya jikalau selera orang itu rendah maka mengkonsumsi pada barang/jasa bakal rendah.

Demikianlah ulasan mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas bersama lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kami semua yang menyimaknya. Kiranya memadai sekian, kurang lebihnya mohon maaf dan hingga jumpa.

Sumber : https://materisekolah.co.id/contoh-teks-eksplanasi-pengertian-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan-dan-contoh-lengkap/

baca juga :