Pengertian Populasi dan Sampel (Terlengkap)

Pengertian Populasi dan Sampel (Terlengkap)

Salah satu metode didalam penelitian ilmiah merupakan menentukan populasi dan sample. Kekeliruan didalam menegaskan sampel bisa berdampak fatal, karena sampel jadi tidak representatif, dan hasil penelitian tidak bakal bisa melukiskan suasana yang sebenarnya. Oleh karena itu menentukan tenik penetapan sampel yang tepat jadi benar-benar perlu untuk meraih sampel yang representatif.

Pengertian Populasi
Populasi adalah subjek penelitian. berdasarkan Sugiyono (2010: 117) populasi merupakan wilayah generalisasi yang terdiri berdasarkan objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik khusus yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan sesudah itu ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang, tapi terhitung objek dan materi-materi alam yang lain. Populasi terhitung bukan hanya jumlah yang terkandung terhadap objek atau subjek yang dipelajari, tapi termasuk semua karakteristik atau karakter yang dimiliki oleh subjek atau objek itu.

Pengertian populasi menurut para ahli

Populasi ialah tempat generalisasi yang terdiri berdasarkan object atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik khusus yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan selanjutnya ditarik kesimpulannya (Sugiyono. 2005: 90).
Populasi ialah keseluruhan subjek penelitian (Arikunto, 2002: 108).
Populasi yakni keseluruhan berasal dari variabel yang menyangkut problem yang diteliti (Nursalam. 2003).
Populasi merupakan segala nilai positif hasil hitung maupun pengukuran, baik kuantitatif ataupun kualitatif, berasal dari karakteristik khusus berkenaan sekelompok objek yang utuh dan sadar (Husaini Usman. 2006: 181).
Populasi yakni semua individu yang jadi tempat penelitian bakal dikenai generalisasi” (I. B. netra, 1974 perihal 10).

Pengertian Sampel
Berdasarkan Sugiyono (2010: 118) sampel merupakan elemen berasal dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Jika peneliti lakukan riset bakal populasi yang besar, waktu peneliti hendak meneliti berkenaan populasi berikut dan peneliti memeiliki keterbatasan anggaran, tenaga dan waktu, agar peneliti pakai langkah pengambilan sampel, maka generalisasi terhadap populasi yang diteliti. Maknanya sampel yang diperoleh bisa mewakili atau representatif bagi populasi tersebut.

Keuntungan lakukan penelitian sampel yaitu:

peneliti tidak sibuk perlu meneliti populasi, lumayan hanya meneliti sampelnya saja.
populasi yang benar-benar besar amat mungkin terkandung subjek yang bisa terserak atau terlewat berasal dari peneliti terhadap waktu diperoleh datanya.
lebih praktis berasal dari faktor waktu, anggaran dan tenaga.
menghindari suasana yang destruktif, umpamanya meneliti berkenaan kapabilitas kapasitas ledak peluru kendali.
penelitian tidak bisa dilaksanakan bersama dengan pakai populasi sebagai sumber informasi.

Sumber : https://www.ruangguru.co.id/download-contoh-surat-penawaran-harga-yang-benar/