Keunggulan Lokal Di Indonesia Dan Alasan Dijadikan Landasan Pendidikan

Keunggulan Lokal Di Indonesia Dan Alasan Dijadikan Landasan Pendidikan

Keunggulan Lokal Di Indonesia Dan Alasan Dijadikan Landasan Pendidikan
Keunggulan Lokal Di Indonesia Dan Alasan Dijadikan Landasan Pendidikan

Berikut ulasan mengenai materi belajar tentang Potensi Keunggulan Lokal Di Indonesia Dan Alasan Dijadikan Landasan Pendidikan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Indonesia merupakan

Negara yang kaya raya mulai dari adat istiadat, kebudayaan, ras, suku, tradisi, dan bahkan sumber daya yang ada di dalamnya. Seperti misalnya Kalimantan yang kaya akan kayu dan batu bara, serta Irian Jaya yang kaya akan emasnya. Potensi keunggulan-keunggulan ini berbeda-beda di setiap daerah. “Menurut Akhmad Sudrajat, konsep pengembangan keunggulan lokal diinspirasi dari berbagai potensi, yaitu Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), geografis, budaya, dan historis. Jadi potensi yang ada dapat berbeda-beda tergantung dari sumber daya yang ada di setiap daerah. Secara garis besar, kekayaan Indonesia yang ada dapat digolongkan menjadi:

1. Sumber Daya Alam (SDA)

Potensi Sumber Daya Alam (SDA) adalah potensi yang ada di bumi yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan masyarakat sekitar. Terdapat berbagai macam potensi sumber daya alam, ada potensi sumber daya Alam bidang pertambangan, misalnya minyak bumi, gas, batubara, emas, dan lain-lain. Potensi Sumber Daya Alam bidang pertanian, misalnya padi, jagung, ubi, buah-buahan sayur dan lain sebagainya.

Potensi sumber daya alam bidang perkebunan, misalnya karet, kelapa sawit, cokelat, dan kopi. Sumber daya alam bidang peternakan, misalnya sapi, kambing, dan unggas. Sumber daya alam di bidang perikanan misalnya tambak, ikan laut, ikan tawar, rumput laut dan lain sebagainya. Potensi sumber daya alam tersebut sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia di sekitarnya untuk itu potensi ini perlu dikembangkan agar dapat memajukan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) didefinisikan sebagai manusia dengan segenap potensinya yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi makhluk sosial yang adaptif dan transformatif, serta mampu mendayagunakan potensi alam di sekitarnya secara seimbang dan berkesinambungan.

Agar sumber daya manusia baik maka masyarakat dituntut mampu untuk menyesuaikan diri dengan alam, perkembangan IPTEK, dan perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia. Sumber Daya Manusia merupakan penentu dari seluruh potensi keunggulan lokal yang ada, krena manusialah yang akan mengolah berbagai sumber daya yang ada baik sumber daya alam, kebudayaan, geografis, dan historis. Apabila sumber daya manusia kurang baik dalam pengelolaan sumber daya yang ada, maka potensi keunggulan lokal tidak dapat bermanfaat dengan baik. Namun apabila Sumber Daya Manusia sudah baik, kreatif, dan dapat mengelola potensi keunggulan lokal yang ada maka potensi yang ada dapat bermafaat bagi masyarakat sekitar misalnya bermanfaat pada bidang perekonomian.

3. Potensi Geografi

Objek geografi antara lain meliputi, objek formal dan objek material. Objek formal geografi adalah fenomena geosfer yang terdiri dari, atmosfer bumi, cuaca dan iklim, litosfer, hidrosfer, biosfer (lapisan kehidupan fauna dan flora), dan antroposfer (lapisan manusia yang merupakan tema sentral). Pengkajian dan pemanfaatan keunggulan lokal pada aspek geografis sangat khas karena ini memerlukan pendekatan studi ilmu geografi.

Pengkajian dan pemanfaatan keunggulan lokal pada aspek geografis sangat khas karena ini memerlukan pendekatan studi ilmu geografi. Tidak semua objek dan fenomena geografi merupakan potensi keungguln lokal karena keunggulan lokal memiliki dampak ekonomis yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Potensi geografis ini misalnya potensi di daerah pegunungan yang merupakan tempat yang tinggi dan dingin, suhu dan cuacanya sangat cocok untuk menanam sayur mayur. Pada daerah Sumatra yang bertanah gambut dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman kelapa sawit. Potensi geografis tersebt dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar agar bisa meningkatkan perkeonomian.

4. Potensi Budaya

Budaya adalah sikap, sedangkan sumber sikap adalah kebudayaan. Agar kebudayaan dilandasi dengan sikap baik, masyarakat perlu memadukan antara idealisme dengan realisme yang pada hakekatnya merupakan perpaduan antara seni dan budaya. Sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia, Indonesia mempunyai bermacam-macam budaya setiap daerah masing-masing berbeda. Kebudayaan tersebut dapat berupa tarian, baju adat, rumah, adat dan tradisi yang berkembang di masyarakat. Seperti misalnya daerah Jawa Tengah yang mempunyai pakaian adat kebaya. Contoh dari keunggulan lokal di potensi budaya antara lain Sekatenan di Yogyakarta dan Solo, Upacara Ngaben di Bali, Malam Bainai di Sumatra, dan lain-lain. Bukan hanya itu potensi budaya di Indonesia juga ada tari-tarian misalnya tari pendet yang berasal dari bali, tari Tor-tor yang berasal dari Sumatera Utara.

5. Potensi Historis

Keunggulan lokal dalam konsep historis merupakan potensi sejarah dalam bentuk peninggalan benda-benda purbakala maupun tradisi. Contoh keunggulan lokal di konsep historis ini adalah candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah, candi ini memiliki nilai historis sehingga kini menjadi tempat wisata bahkan merupakan tujuan wisata bagi turis manca negara, karena candi Borobudur juga merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Keunggulan lokal dijadikan landasan pendidikan agar siswa dan masyarakat dapat mengetahui apa saja keunggulan lokal di daerah masing-masing agar masyarakat dapat memahami aspek-aspek yang berhubungan dengan keunggulan lokal tersebut. Sehingga masyarakat mampu mengolah sumber daya yang ada agar dapat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan dan perekonomian daerah tersebut sekaligus melestarikan budaya, tradisi, dan sumber daya yang menjadi unggulan daerah. Pendidikan berbasis keunggulan lokal ini juga memiliki jujuan agar indonesia mampu bersaing secara global.

Sekian artikel mengenai Potensi Keunggulan Lokal Di Indonesia Dan Alasan Dijadikan Landasan Pendidikan, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.

Sumber : https://kidblog.org/class/kelas-biologi-online/posts/7he7ner6kijj0sdxh8pca05bc?fbclid