Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Ekonomi

Indonesia adalah – negara kepulauan yang disebut negara kepulauan karena terdiri dari pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sebagainya. Menurut statistik, wilayah Indonesia adalah

lautan mendominasi daratan. Berdasarkan lokasi geografis, Indonesia termasuk dalam wilayah Asia Tenggara. Sebuah negara di wilayah geografis ini dianggap sebagai negara dengan banyak kemungkinan, tetapi di sini Indonesia termasuk dalam kategori itu.

 musim

Seperti disebutkan di atas, Indonesia terletak di antara dua lautan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Lalu dimana negara tersebut dilintasi angin muson (angin muson). Angin ini dapat berubah arah setiap dua bulan atau dua kali setahun, angin ini hanya menyebabkan dua musim setiap tahun di negara ini, hujan dan musim kemarau. Ketika musim kemarau tiba, musim kemarau menjadi lebih panjang, dan kekeringan dapat terjadi di berbagai tempat. Sebaliknya, ketika musim hujan tiba, hujan lebat jatuh di antara dua lautan besar dunia untuk wilayah itu. (Baca: Distribusi Musiman Indonesia)

Dampaknya pada kondisi alam

Indonesia adalah negara kepulauan yang merupakan wilayah pertemuan antara dua lautan antara dataran luas (benua Asia dan benua Australia) wilayah negara ini. Yang memengaruhi kondisi alam adalah bahwa wilayah Indonesia akan menjadi iklim laut. Karena Indonesia disebut sebagai negara kepulauan, maka akan sangat dipengaruhi oleh angin laut dan akan membawa hujan yang mempengaruhi cuaca di Indonesia. Seperti yang telah kita lihat, cuaca di Indonesia sangat berbeda di setiap daerah, sehingga berbagai jenis hewan dan tanaman akan muncul di daerah itu.

ekonomi Nasional

Sebagai negara tempat dua lautan dan dua benua berbaris, Indonesia adalah daerah yang sangat strategis. Ini akan menyebabkan terjadinya lalu lintas internasional, baik di darat maupun di laut. Karena itu, Indonesia pada umumnya adalah negara berkembang dan negara lain menjadikan negara ini sebagai negara industri, sehingga Indonesia memiliki potensi besar sebagai negara dengan tingkat ekonomi yang besar.

Ada ekonomi di bidang perikanan di mana ada banyak sumber pendapatan perikanan di Indonesia. Di masa depan, produk perikanan diekspor terutama ke luar negeri, dan seni batik yang dapat dipamerkan di dunia di bidang seni pasti dapat digunakan sebagai karakteristik negara.

Di bidang kerajinan, antara lain, menarik bahwa kayu , perak, emas, dan lainnya adalah Patung-patung menarik yang dikumpulkan dan Anda dapat mengumpulkan perhatian dunia untuk mengumpulkan benda-benda ini. Dengan harga yang terjangkau, misalnya di sini Bali memiliki keindahan dan budaya yang unik sehingga banyak turis asing mengunjungi tempat ini setiap tahun.

Baca Juga :