Toolwiz BSafe: Solusi Untuk Melindungi Data Pribadi

Toolwiz BSafe: Solusi Untuk Melindungi Data Pribadi

Toolwiz BSafe: Solusi Untuk Melindungi Data Pribadi

Toolwiz BSafe: Solusi Untuk Melindungi Data Pribadi
Toolwiz BSafe: Solusi Untuk Melindungi Data Pribadi
Setiap pengguna komputer, pasti setidaknya punya satu atau banyak data pribadi yang tersimpan di harddisk komputernya. Terkadang rasa was-was muncul ketika ada seorang teman yang ingin meminjam komputer kita. Rasa takut akan diintip/dicurinya data kita selalu menghantui selama komputer kita dipinjam olehnya.
Kasus diintip atau dicurinya data pribadi bisa saja terjadi, jika folder letak data pribadi itu tidak di proteksi sama sekali oleh password, dan juga foldernya yang mudah ditemukan.
Biasanya cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan merubah attribut folder menjadi “hidden”, agar tersembunyi. Tapi cara ini memang kurang ampuh untuk melindungi data pribadi/rahasia. Solusinya adalah menggunakan aplikasi yang bernama Toolwiz BSafe.
Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 1.

Apa itu ToolWiz BSafe?

ToolWiz BSafe adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membuat virtual safe (semacam brankas) yang dilindungi password dengan teknik enkripsi AES 256, untuk menawarkan kemanan yang kuat. Dan akan membuat drive virtual untuk mengakses semua data yang tersimpan pada virtual safe.
Toolwiz Bsafe sangat mudah digunakan, kamu yang pemula sampai yang mahir pun bisa menggunakannya.

Kenapa Toolwiz BSafe?

Selain gratis, Toolwiz BSafe bisa digunakan membuat virtual safe, untuk tempat menyimpan data – data rahasia dan dilindungi dengan teknik enkripsi yang kuat.
Tidak seperti aplikasi pelindung data rahasia kebanyakan, yang hanya mengandalkan driver untuk mencegah akses ke suatu folder, tentunya hal ini sangat beresiko data masih bisa dicuri/dilihat. Karena hanya mengandalkan driver pada OS yang bersangkutan, jika kita akses lewat sistem operasi portable (atau OS lain) yang dijalankan dari USB/DVD. Folder tersebut masih bisa di akses dengan mudah seperti biasa.
Data yang tersimpan pada virtual safe juga akan terlindung dari virus, trojan, malware, worm, spyware, dan juga dari hacker saat komputer terkoneksi ke internet.
Jadi, sangat aman bukan ?. Maka dari itu, silahkan gunakan ToolWiz BSafe.

Fitur – Fitur Toolwiz BSafe:

  • Mount file safe sebagai drive virtual. File virtual safe atau brankas akan di-mount dan akan tercipta sebagai virtual disk dan bisa digunakan selayaknya local disk pada komputer.
  • Keamanan yang kuat. Tidak perlu lagi khawatir akan dicurinya data pribadi, virtual safe yang dibuat dengan Toolwiz BSafe menerapkan teknik enkripsi AES 256 dan mustahil dibuka tanpa password yang benar.
  • Password tidak disimpan pada harddisk komputer. Password tidak tersimpan dalam bentuk file atau registry pada komputer. Tidak perlu lagi khawatir password mudah dibajak.
  • Membuat banyak virtual safe. Tidak hanya bisa membuat satu safe saja, tapi bisa banyak safe pada komputer.
  • 1 password, 1 virtual safe. Bisa membuat password yang berbeda untuk masing – masing virtual safe.
  • Ukuran virtual safe bisa dipilih. Bisa menentukan berapa ukuran/kapasitas virtual safe sesuai keinginan.
  • Merubah password pada virtual safe. Jika kita ingin merubah password virtual safe kita, tenang saja karena itu bisa dilakukan.
  • Ringan dan Simpel. Aplikasinya tergolong ringan, dan file installernya berukuran kecil. Menggunakannya juga sangat mudah karena tidak ada menu yang ribet, karena hanya tampilan sederhana.

Cara Penggunaan Toolwiz BSafe:

Membuat Safe Baru.
Dengan mengklik tombol “Create New Safe”, maka kamu akan melihat jendela baru untuk membuat virtual safe.
Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 2.

Pada jendela ini, silahkan tentukan lokasi beserta nama file, setelah itu ukuran virtual safe, dan juga password yang akan digunakan untuk membuka virtual safe.

Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 3.

Terakhir, klik tombol “Create Now”. Toolwiz BSafe akan membuat virtual safe baru dan akan memformatnya. Lama proses membuat dan memformat virtual safe tergantung berapa ukuran virtual safe yang dipilih.

Membuka Virtual Safe.
Kamu bisa membukanya di bagian Mount Manager pada Toolwiz BSafe untuk mengakses data yang tersimpan pada virtual safe.
Pertama, klik tombol “Open Safe”, maka kamu akan melihat jendela baru seperti dibawah ini.
Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 4.

Kedua, pilih file virtual safe yang telah dibuat sebelumnya, kemudian pilih drive letter untuk virtual disk, setelah itu masukkan password yang telah ditentukan sebelumnya saat membuat virtual safe.

Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 5.
Terakhir, klik tombol “Open Now”. Jika password benar, maka akan terlihat pada kolom Mount Manager yaitu virtual safe yang telah dibuka, lengkap dengan drive letternya.
Dan juga akan tercipta sebuah virtual drive baru, pada explorer. Disini kamu bisa mengakses semua data yang tersimpan layaknya seperti menggunakan local disk seperti biasa.
Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 6.
Toolwiz BSafe, Amankan Data, Download Software Terbaru
Gambar 7.
 
Menutup Virtual Safe.
Jika kamu ingin menutup virtual safe, bisa dengan memilih virtual safe pada daftar yang ada pada kolom Mount Manager. Setelah itu klik tombol “Close Selected Safe”.
CATATAN: Pastikan data kamu tidak diakses oleh aplikasi lain sebelum menutup virtual safe.
Tambahan:
Sekedar saran saja untuk menjamin lebih kemanan data pada virtual safe, kamu bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.
  • Rajin mengganti password virtual safe setiap bulan.
  • Dengan membackup file virtual safe setiap bulan, untuk jaga – jaga jika virtual safe pada komputer terhapus secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Menyembunyikan file virtual safe atau menaruhnya ditempat yang aman.
Hal yang harus diperhatikan juga, Toolwiz BSafe tidak menyediakan fasilitas pemulihan password jika kamu lupa password virtual safe yang dibuat. Jadi harap ingat baik – baik password virtual safe kamu, bila perlu mencatatnya. Apalagi kamu membuat banyak virtual safe dan dengan password yang berbeda – beda.