PENGERTIAN PRINSIP GEOGRAFI BESERTA CONTOH

PENGERTIAN PRINSIP GEOGRAFI BESERTA CONTOH

PENGERTIAN PRINSIP GEOGRAFI BESERTA CONTOH

PENGERTIAN PRINSIP GEOGRAFI BESERTA CONTOH
PENGERTIAN PRINSIP GEOGRAFI BESERTA CONTOH

1. prinsip penyebaran (distribusi)

prinsip ini mengkaji gejala dan fakta geografi baik yang berkenaan copi dengan alam maupun yang berkenaan dengan manusia yang tersebar di permukaan bumi. penyebaran dan gejala dan fakta geografi di permukaan bumi tidak merata di setiap wilayah. dengan melihat dan menggambarkan berbagai gejala dan fakta geografi dalam peta, maka kita akan dapat mengungkapkan  hubungannya antara satu sama lainnya. selanjutnya juga akan dapat memprediksi keadaanya di kemudian hari. prinsip penyebaran menjadi kunci utama pada studi geografi karena dengan prinsip ini dapat pula copi dijelaskan prinsip-prinsip lainnya.

kata kuncinya: disebutkan banyak wilayah / lebih dari dua lokasi
contoh mudah: kayu ulin terdapat di sumatra, jawa, dan kalimantan

contoh:

  • Persebaran copi flora dan fauna di Indonesia yang dibagi menjadi 3 bagian menurut garis Wallace dan garis Weber. Alasan …. (dapat dikaji dalam prinsip prinsip sebab akibat (interelasi), prinsip penggambaran (deskripsi), dan prinsip gabungan (korelasi).
  •  Penduduk di daerah suburnya biasanya membuat pemukiman yang mengelompok, sedangkan penduduk copi di daerah pegunungan membuat pemukiman yang tersebar. alsan …. (dapat dikaji dalam prinsip sebab akibat (interelasi), prinsip penggambaran (deskripsi), dan prinsip gabungan (korelasi).

2.  prinsip sebab akibat (interelasi)

setelah melihat gejala dan fakta geografi dalam penyebarannya yang tidak merata dalam ruang atau wilayah-wilayah tertentu, akan dapat diungkapkan pula hubungan satu sama lain.

prinsip interelasi dapat copi mengungapkan hubungan antara faktor fisik dengan faktor fisik, faktor manusia dengan faktor manusia, dan faktor fisik dengan faktor manusia. dari hubungan tersebut akan dapat diungkapkan karakteristik gejala atau fakta geografi di tepat atau wilayah tertentu. interlasi/hubungan sebab-akibat gejala, fakta, atau faktor tersebut dapat diukur secara matematik dengan metode kuantitatip.

kata kuncinya: terdapat hubungan sebab-akibat ada kata ‘karena’ dan ‘sehingga’
contoh mudah: kemarau panjang terjadi karena pengaruh el nino sehingga lahan pertanian kekeringan dan petani gagal panen

contoh:
  • Indonesia menjadi wilayah rawan gunung meletus karena copi dilewati oleh tiga sistem pegunungan api dunia (ring of fire).
  • tingkat kriminalitas di kota-kota besar masih lebih tinggi dibandingkan dengan di desa karena ….
  • banjir di kota jakarta seringkali diakibatkan oleh perilaku penduduk yang tidak mempedulikan kelestarian lingkungan.

 3. prinsip penggambaran (deskripsi)

penjelasan atau deskripsi merupakan suatu prinsip dalam studi geografi untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala atau masalah yang copi sedang dikaji. prinsip ini dapat dijelaskan melalui kata-kata, diagram, grafik, atau tabel. bentuk-bentuk deskripsi tersebut akan memberikan penjelasan tentang apa yang sedang dikaji.

kata kuncinya: terdapat penjelasan dengan angka (kuantitatif)
contoh mudah: tsunami aceh tanggal 24 desember 2004 disebabkan karena gempa berkekuatan 8,8 SR yang menyebabkan 200.000 korban jiwa

contoh:

wilayah rawan banjir di DKI Jakarta 30 persen berada di jakarta timur, 20 persen di jakarta barat, 10 persen di jakarta pusat, 20 pesen di jakarta selatan, dan 20 persen di jakarta barat. buat tabel, diagram, dan grafiknya.

Sumber : https://dosen.co.id/