Manfaat E- Learning Bagi Aplikasi Teknologi Pendidikan

Manfaat E- Learning Bagi Aplikasi Teknologi Pendidikan

Manfaat E- Learning Bagi Aplikasi Teknologi Pendidikan – Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di zaman modern saat ini mutlak diperlukan oleh semua agar tidak tertinggal perkembangan zaman terutama di bidang pendidikan. Pihak sekolah terutama pendidik yang memiliki peran dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah hendaknya memiliki pemikiran kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan TIK agar dapat membantu pembelajaran peserta didik menjadi lebih efektif.

Manfaat E Learning

Dalam hal membantu proses pembelajaran terdapat disiplin ilmu yang sangat berguna menemukan solusi dalam pemanfaatan perkembangan TIK menjadi media yang efektif yaitu Teknologi Pendidikan. Pada hakikatnya teknologi pendidikan adalah disiplin ilmu dengan muatan strategi yang digunakan untuk menganalisis, merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola usaha pemecahan masalah belajar yang dihadapi setiap individu dalam belajar, dengan memanfaatkan berbagai macam recources (Miarso, 2011, hlm.556).

Melalui Teknologi Pendidikan

Melalui Teknologi pendidikan masalah pembelajaran modern dapat diatasi dengan mengatasinya dari permasalahan pendidikan sampai ke aplikasi atau penerapannya langsung dalam hal pembelajaran. Salahsatu aplikasi teknologi pendidikan yang berpotensi di kembangkan dalam kaitannya perkembangan TIK saat ini yaitu E-learning. Menurut Munir dkk (2009, hlm.169) E-learning merupakan sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk dunia maya. E-learning sebagai aplikasi teknologi pendidikan layak untuk dimanfaatkan lebih lanjut oleh pihak sekolah karena keberadaanya merupakan sebuah inovasi baru dalam membantu pembelajaran peserta didiknya.

Proses Penyelenggaran E-Learning

Proses penyelenggaran e-learning didukung oleh sebuah sistem yang mampu mengelola pembelajaran dengan baik yaitu LMS (Learning Management System). LMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat materi pembelajaran online berbasiskan web (e-learning) dan mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya. LMS juga memiliki fitur-fitur yang dapat memenuhi semua kebutuhan dari pengguna dalam hal pembelajaran (Hanum, 2013, hlm.93). Salahsatu contoh dari LMS yang paling popular saat ini adalah Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment).

Paket Software

Moodle adalah paket software yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. Moodle tersedia dan dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source (Hanum, 2013, hlm.93). Karena sifatnya yang open source moodle dapat dimanfaatkan dengan mudah tanpa memperhatikan biaya jika dibandingkan dengan software LMS lainnya. Tetapi tetap harus adanya pihak yang benar-benar mengerti dalam pengembangannya, supaya moodle benar-benar menjadi media e-learning sebagai teknologi pendidikan yang efektif dan efisien dalam pembelajaran.

Pengembangannya E-Learning

Dalam Pengembangannya e-learning harus memperhatikan beberapa hal menyangkut teori dasar dalam pendidikan. Hal tersebut dilakukan agar e-learning dapat benar-benar berguna sebagai aplikasi teknologi pendidikan bagi pihak sekolah terutama pendidik dan peserta didik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan e-learning dalam dunia pendidikan diantaranya (1) teori belajar behavioristik, kognitif dan konstruktifisme implementasinya dalam online learning, (2) aspek pedagogik, (3) aspek teknologi yang dipakai dan (4) efektifitas elearning untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Marapanaji, 2012, hlm.411). Semua hal tersebut hendaknya sudah dimengerti oleh praktisi pendidikan professional sehingga efek terhadap output yang dihasilkan akan lebih cocok dalam penggunaannya dalam hal pembelajaran.

Pemanfaatan E-learning

Pemanfaatan E-learning sebagai teknologi pendidikan menghasilkan pembelajaran efektif dan efisien yang nyata dan berhasil melalui dukungan LMS dalam bentuk moodle. Sistem pembelajaran yang biasanya konvensional di kelas saja dapat dilaksanakan secara online melalui media tertulis dan diakses secara online dari jarak jauh dimanapun dan kapanpun melalui akses internet. Hal tersebut mempermudah peserta didik untuk belajar secara mobilitas dimanapun dan kapanpun tanpa mengenal jarak dan waktu. Pendidik juga mendapat keuntungan dalam efisiensi pembelajaran yang dilakukan pada jarak jauh.

Tetapi dalam pelaksanaanya harus tetap di awasi oleh pendidik melalui sistem yang telah dirancang sedemikian rupa dalam moodle agar tercipta lingkungan pembelajaran jarak jauh yang efektif dan nyaman untuk peserta didik.

Sumber : https://ngelag.com/