cara untuk mengawal kesehatan mata

cara untuk mengawal kesehatan mata – Mata adalahsalah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Mata sangatlah sensitif dan gampang terkena iritasi, sehingga saya dan anda butuh berhati-hati terhadap panca indera yang satu ini. Selain tersebut kita pun perlu menghindari sekian banyak kebiasaan yang tanpa disadari dapat menurunkan faedah penglihatan mata. Berikut sejumlah tips mengawal kesehatan mata yang dapat anda terapkan dalam sehari-hari kita.

1. Hindari mengucek mata secara berlebihan.

Mengucek mata terlampau berlebihan dapat mengakibatkan penyakit Glaukoma. Glaukoma adalahpenyakit pada mata sebab rusaknya saraf mata, dan bakal tambah parah andai tak segera ditangani. Kerusakan saraf mata ini terjadi sebab adanya penambahan tekanan pada mata, yang dapat juga diakibatkan oleh kelaziman mengucek mata yang terlampau keras dan sering.

Kebanyakan orang yang menderita glaukoma pada tadinya tidak merasakan fenomena apapun. Sehingga tidak jarang kali penderita datang dengan tingkat keparahan Glaukoma yang lumayan tinggi dan menyebabkan ia kehilangan keterampilan penglihatannya, atau bahkan buta.

2. Perhatikan jarak pandang aman terhadap layar kaca (TV, smartphone, komputer, dll).
Di zaman canggih ini nyaris semua orang bekerja di depan laptop atau komputer sehingga paling rawan guna kesehatan mata. Dalam dunia medis, sekelompok penyakit yang mungkin mendekat Kita sesudah bekerja seharian menatap layar komputer punya istilahnya sendiri, yakni CVS, alias Computer Vision syndrome (Sindrom Penglihatan Komputer).

CVS terjadi dampak fokus dan gerak mata yang tertuju melulu pada satu arah secara berulang kali dalam masa-masa lama, yakni menatap layar komputer (plus barangkali hanya beralih ke layar hape sesekali). Semakin lama penglihatan anda terpaku melulu pada satu titik, maka bakal semakin berat akibat gangguan kesehatan yang bakal dirasakan. Orang yang menguras waktu dua jam atau lebih terus-menerus di depan layar komputer atau perlengkapan layar digital masing-masing hari berisiko untuk merasakan CVS.

Gejala yang sangat umum berhubungan dengan kelaziman menatap layar komputer terlampau lama, antara beda mata tegang, sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering dan merah (iritasi mata), iakit/nyeri pada leher, bahu, punggung, sensitif terhadap cahaya, dan ketidakmampuan melihat konsentrasi terhadap sebuah benda yang jauh jaraknya.

Jika gejala-gejala itu tidak langsung tertangani, urusan ini bakal memengaruhi kegiatan di lokasi kerja.

3. Perbanyak konsumsi sayuran yang berisi Luthein dan Zeaxanthin.

Kalau anda mengonsumsi makanan yang kaya bakal lutein dan zeaxanthin, maka anda dapat terhindar dari penyakit mata dampak usia lanjut. Mereka yang rajin santap sayur-sayuran hijau memiliki bisa jadi 50% lebih rendah untuk merasakan katarak di lantas hari. Contoh sayuran yang berisi Luthein dan Zeaxanthin ialah bayam, brokoli, dan kale.

Berdasarkan keterangan dari The American Optometric Association, sebab sifatnya yang bukan zat gizi tetapi phytonutrient, lutein dan zeaxanthin tidak mempunyai anjuran konsumsi harian. Tetapi untuk mengawal kesehatan mata, diperlukan lutein kira-kira 10 mg per hari, dan 2 mg masing-masing hari untuk zeaxanthin. Pada 1 cawan bayam telah ada 20,4 mg lutein dan zeaxanthin. Sementara pada 1 cup brokoli ada 1,6 mg lutein dan zeaxanthin. Kadar lutein dan zeaxanthin terbanyak ditemukan pada kale yakni 23,8 mg per cup nya.

Baca Juga :