Cara Mengatasi Sesak Nafas Alami

Cara mengatasi sesak nafas alami

Sesak nafas sangat dekat dengan kehidupan orang yang mengalami masalah pernapasan. Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat-obatan sebagai cara untuk mengatasi sesak napas yang Anda rasakan, masih ada cara-cara alami yang bisa diambil sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih mudah. Inilah caranya:

Rencanakan tugas Anda

Bagi mereka yang menderita COPD, kegiatan perencanaan pada minggu sebelumnya dan membagi tugas yang akan dilakukan dalam beberapa hari adalah cara untuk mengatasi kecemasan cerdas. Siapkan menu sederhana dan mudah untuk dimakan dan buat porsi lebih banyak. Dengan cara ini Anda tidak perlu memasak setiap kali Anda ingin makan. Anda dapat memanaskan makanan yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Sebelum melakukan pekerjaan rumah Anda, pikirkan baik-baik tentang bagaimana Anda akan melakukannya. Bahkan, Anda harus melihat langkah-langkah yang diperlukan dan rencana implementasi yang paling efisien. Rencanakan cara pintas yang dapat Anda lakukan untuk melakukannya. Istirahat segera setelah Anda mulai menunjukkan tanda-tanda sesak napas atau gejala PPOK lainnya. Dan yang terpenting, jangan takut untuk meminta bantuan.


olahraga

Meskipun olahraga tampaknya menjadi kebalikan dari situasi penderitaan Anda karena mati lemas akibat PPOK, olahraga, jika dilakukan dengan benar, benar-benar dapat membantu Anda bernapas lebih mudah. Dalam kondisi yang lebih baik, otot akan menggunakan oksigen lebih efisien. Ini tentunya kabar baik bagi paru-paru.

Berjalan atau bersepeda di rumah atau di gym adalah dua kegiatan yang baik untuk pemula. Berlatih dengan barbel ringan dan peregangan teratur juga bisa menjadi pilihan kebugaran sebagai cara untuk mengatasi sesak napas dan gejala COPD lainnya secara alami.


Makan porsi yang lebih kecil dan lebih sering

Makan dalam porsi besar pada waktu yang sama terkadang bisa membuat Anda kenyang dan perut Anda menjadi kembung atau bengkak. Perut yang bengkak atau terlalu penuh dapat menekan paru-paru. Kondisi ini membuat paru-paru tidak dapat berkembang secara optimal. Akibatnya, Anda akan mengalami sesak nafas.

Untuk menghindari ini, Anda dapat mengatasinya dengan makan porsi yang lebih kecil tetapi lebih sering. Memperhatikan jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi juga dapat membantu Anda menghemat energi, yang penting bagi penderita COPD.
Lakukan teknik relaksasi

Kecemasan, panik dan stres menciptakan efek longsoran yang memperburuk gejala COPD dan akhirnya memperburuk kecemasan. Untuk membantu Anda tenang, cobalah yoga, audio atau video relaksasi dan latihan pernapasan. Terapi relaksasi yang mengurangi stres, kepanikan atau kecemasan akan membantu mencegah memburuknya kecemasan dan gejala serta memulihkan keadaan normal.

Baca juga :