BAIK BURUK PERANGKAT TIK BAGI SISWA SISWI

BAIK BURUK PERANGKAT TIK BAGI SISWA SISWI – Teknologi informasi dan komunikasi menurut Eric Deeson adalah kebutuhan manusia di dalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan manusia untuk mengolah informasi dari orang lain dalam konteks sosial yang bisa menguntungkan diri sendiri maupun orang lain. Contoh dari perangkat TIK yaitu komputer, computer, handphone, dan lainnya.

Seperti yang kita ketahui saat ini sebagian besar siswa maupun siswi yang sudah lihai menggunakan perangkat TIK, baik itu laptop, handphone, Ipad dan lainnya. Keuntungan dari fenomena tersebut adalah anak tersebut tidak menjadi orang yang kuper, mereka bisa menjadi orang yang mengerti dunia luar apabila tidak menggunakan perangkat TIK tersebut yang tentu saja dilengkapi internet mereka tidak akan mengetahuinya. Selain itu mereka lebih mudah dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa dan siswi juga lebih mudah berkomunikasi dengan siapapun, dan sadar tidak sadar semakin baik atau tinggi kualitas perangkat TIK yang dipunyai maka akan semakin menambah percaya diri orang tersebut, jadi dengan kata lain perangkat TIK dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam diri seseorang.

Sedangkan sisi negatif atau kerugian dari fenomena ini adalah siswa atau siswi menjadi susah dalam bergaul dengan teman sekitar, mereka kehilangan waktu masa kecilnya hanya untuk mengoperasikan system yang mereka punya, mereka malah berteman dengan orang-orang yang jauh dari kehidupan dirinya namun mereka tidak mengenal orang disekitarnya. Hal itu tentu saja tidak baik karena akan dicap sebagai orang sombong bagi masyarakat sekitarnya. Dampak buruk yang lain yaitu si anak menjadi ketagihan dalam mengoperasikan machine tersebut, mereka menjadi lalai dalam mengerjakan tugas, mereka malas membantu orang tuanya, pekerjaan sehari-harinya hanya berada di depan laptop atau mengutak atik gadgetnya. Tidak timbul kepekaan dalam dirinya. Selain itu internet juga dapat disalah gunakan bagi siswa atau siswi tersebut karena kemungkinan siswa atau siswi mengerti apa yang tidak boleh diketahui, misalnya pornografi dan lainnya. Mereka juga tidak mengetahui mana yang perlu dicontoh dan mana yang tidak boleh dicontoh, mereka berfikir sekiranya hal itu mengasyikkan atau menarik maka akan dicontoh, hal ini menyebabkan saat ini banyak anaka yang diperkosa di bawah umur oleh teman sebayanya, hal ini tentu saja sedikit bayak disebabkan oleh pengaruh net yang tidak terkontrol.

Solusi dari dampak negatif diantaranya adalah orang tua lebih mengontrol atau mengawasai situs apa saja yang dibuka oleh anak-anaknya, mereka berhak marah ketika anak tersebut sudah membuka situs yang aneh-aneh, tentu saja orang tua harus belajar bagaimana cara mengoprasikan device yang dibawa oleh aaknya, sehingga orang tua tidak gampang dibohongi. Selain itu orang tua ketika membelikan machine untuk aaknya mereka harus berfikir apakah anak ini sudah butuh atau belum jika mempunyai machine tersebut, apakah dampak positif dan negatif jika sang anak dibelikan device tersebut, jika sekirany banyak positifnya maka belikan, namun jika banyak negatifnya lebih baik urungkan niat untuk membelikan sang buah hati machine tersebut. Solusi lain adalah orag tua menyuruh anak untuk bermain di luar, agar mereka lebih mengenal dan mengerti tetangganya. Selain itu berikan batasan waktu dan tegur jika anak sudah mulai menggunakan gadgetnya secara berlebihan karena hal itu dapat mengganggu sekolahnya.

Sumber : https://goo.gl/e6p8DC