Cara agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan

Cara agar minyak tidak meletup saat menggoreng ikan – Pernah mendapati minyak meletup dan tentang tubuh waktu menggoreng ikan? Minyak meletup ketika menggoreng ikan sebenarnya adalah hal yg umum terjadi. Apalagi, apabila ikan yang hendak digoreng adalah ikan segar dengan kandungan air relatif banyak di dalamnya.

Meski ikan memiliki segudang manfaat buat kesehatan & cita rasanya lezat , jika buat mengolahnya atau memasaknya cukup sulit tentu kita akan sedikit malas memasak ikan. Tapi, mulai sekarang jangan malas lagi buat memasak ikan terutama dengan cara menggorengnya. Ada cara mudah menggoreng ikan supaya minyak nir meletup & panasnya mengenai tubuh.

Perhatikan jumlah minyak

Usahakan supaya tidak menggunakan minyak nir lebih dari 1/3 jumlah ikan. Saat menggoreng ikan pakai sedikit minyak saja. Semakin poly minyak yg dipakai untuk menggoreng, akan semakin mudah minyak meletup. Jumlah letupannya jua semakin banyak dan membahayakan.

Perhatikan suhu api

Pastikan suhu api tidak terlalu panas saat menggoreng ikan. Suhu yang terlalu panas hanya akan menciptakan ikan lebih gampang gosong pada bagian luar ad interim bagian dalamnya tetap mentah. Gunakan api sedang atau kecil saja ketika menggoreng ikan. Meski butuh saat relatif lama supaya ikan matang, setidaknya hal ini tidak akan menciptakan minyak meletup dan ikan pun mampu matang paripurna.

Balut ikan dengan tepung

Membalut ikan dengan tepung akan meminimalisir minyak meletup saat digoreng. Usahakan supaya tepung yg dipakai merupakan tepung kering. Caranya, bumbui ikan misalnya biasa kemudian gulingkan ikan ke dalam adonan tepung yg telah diberi garam. Selain meminimalisir meletupnya minyak, ikan yang dibalut menggunakan tepung jua tidak lengket & tekturnya bakal lebih renyah.

Rendam ikan dengan bumbu, simpan pada lemari es

Cara selanjutnya supaya minyak tidak meletup saat menggoreng ikan adalah dengan merendam ikan menggunakan bumbu sebelumnya. Setelah itu, simpan ikan di pada lemari es. Ikan yg dibumbui sejak lama & disimpan di lemari es akan terasa lebih enak dan gurih. Ini pula meminimalisir meletupnya minyak ketika ikan digoreng.

Campur minyak dengan air jeruk nipis

Untuk mengurangi letupan pada minyak ketika menggoreng ikan, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencampur minyak dengan jeruk nipis. Cobalah meneteskan air jeruk nipis ke pada minyak sebelum menggoreng ikan. Kita jua mampu menggunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dalam tubuh ikan.

Itulah beberapa cara yg mampu dilakukan buat mengurangi risiko minyak meletup waktu menggoreng ikan. Cara ini juga berlaku waktu kita menggoreng ayam, daging atau bahan kuliner lain yg rentan menciptakan minyak meletup. Semoga berita ini bermanfaat & selamat mencoba.

Baca Juga :